Lengkap atau Tidak? Kejagung Putuskan Berkas Ahok Besok

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Tim Kejaksaan Agung (Kejagung) masih melakukan pemeriksaan berkas perkara dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Rencananya, Rabu (30/11/2016) besok, Kejagung akan memutuskan status berkas perkara Ahok, apakah sudah lengkap atau akan dikembalikan ke Bareskrim Mabes Polri.

‎”Perkara ini masih kami teliti. Kami akan segera menentukan sikap. Paling lambat besok pagi. Sekarang masih terus bekerja untuk meneliti,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, M Rum di Kejagung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (29/11/2016).

Rum mengakui bahwa sebagian besar berkas perkara yang disusun Bareskrim Polri sudah memenuhi unsur materiil dan syarat formil.

Kendati begitu, lanjutnya, untuk diajukan ke pengadilan, Kejagung harus meneliti berkas tersebut secara menyeluruh.

‎”Tidak ada kendala. Kami optimal kerja. Berkas 800-an. Kami juga optimal. Ada 13 jaksa meneliti secara komprehensif,” terang Rum.

Sementara itu, ‎mengenai sikap Kejagung apakah menahan Ahok setelah status berkas perkara dinyatakan lengkap alias P21, Rum menolak berspekulasi. Saat ini, pihaknya ingin meneliti berkas perkara.

“Kewenangan masih dalam penyidik karena berkas masih di kita,” imbuh dia.

Rum juga menyampaikan bahwa Kejagung dalam memproses sebuah kasus tidak terpengaruh dengan polemik yang ada. Dia juga memastikan, pihaknya tidak merasa diintervensi dengan demo 2 Desember mendatang.

“Intinya tidak ada intervensi. Sekarang masih diteliti kelengkapan formil dan materiil,” tandas dia.

(jpnn)



loading...

Feeds