Firdaus: Faktor Geopolitik Cukup Menentukan Kemenangan Kandidat

Firdaus Muhammad | DOK. POJOKSULSEL

Firdaus Muhammad | DOK. POJOKSULSEL

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Faktor keterwakilan secara geopolitik ikut menjadi andil dalam memenangkan pertarungan calon gubernur Sulsel 2018. Sebab, pemilih tradisional masih melihat faktor kedekatan kuktural kandidat.

“Jadi geopolitik ini tidak bisa disepelekan. Pemilih masih cenderung melihat latar kultural seseorang, disamping soal ketokohannya,” kata pakar komunikasi politik Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar, Firdaus Muhammad.

Munculnya wacana memaketkan Agus Arifin Nu’mang dan Nurdin Abdullah, kata Firdaus, harus dipahami sebagai keterwakilan geopolitik. Basis Agus di wilayah Ajatappareng dipadukan dengan Nurdin Abdullah yang sudah membumi di wilayah Selatan, khususnya Bantaeng.

Begitupun Nurdin Halid yang dikabarkan akan menggandeng Aziz Qahhar Muzakkar. Pemilih Aziz yang mencapai hampir 1 juta orang menjadi modal bagi Nurdin Halid untuk memenangkan kursi Sulsel 01. Apalagi, faktor Aziz selaku “penjaga moral” sangat dibutuhkan Nurdin Halid untuk melebeling dirinya yang pernah tersangkut kasus hukum.

Nurdin Halid mewakiki wilayah Bone dan sebagian besar wilayah Bugis. Sementara, Aziz diharapkan mampu meraup suara dari kantong pemilih Luwu Raya.

Begitupun dengan Ichsan Yasin Limpo. Mantan bupati Gowa ini diprediksi memilih pasangan yang bupati aktif dua periode. Ada dua pilihannya. Rusdi Masse atau Andi Muzakkar.

Menurut Firdaus, meski pasangan tersebut masih lebih didasari faktor geopolitik, namun kekuatan politik baik partai maupun ketokohan masing-masing, tetap menjadi pertimbangan.

“Sekalipun tampak realistis, tetapi konstelasinya sangat mungkin berubah. Faktor yang berpotensi merubah simulasi paket tersebut diantaranya komunikasi politik dan koalisi partai pengusung,” ujar Firdaus.

Selain itu, faktor survei politiknya sebagai ukuran potensi popularitas dan elektabilitasnya untuk maju atau tidak di pulgub mendatang juga menjadi bagian terpenting dalam perhelatan pilkada.

(mal/pojoksulsel)



loading...

Feeds