Polsek Panakkukang Jadi Percontohan Layanan Bebas Pungli

Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif meninjau langsung ruang pelayanan publik Polsekta Panakkukang Makassar, Senin (28/11/2016).

Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif meninjau langsung ruang pelayanan publik Polsekta Panakkukang Makassar, Senin (28/11/2016).

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif meninjau langsung ruang pelayanan publik Polsekta Panakkukang Makassar, Senin (28/11/2016).

Kedatangan Laode M Syarif ke Polsekta Panakkukang, untuk melihat secara langsung mekanisme pelayanan kepada warga. Sebab, KPK telah menjadikan Polsekta Panakkukang sebagai percontohan pelayanan publik bebas pungli atau korupsi.

Laode M Syarif mengatakan, indikator yang digunakan KPK dalam menetapkan Polsekta Panakkukang, sebagai percontohan pelayanan publik yang baik berdasarkan laporan masyarakat.

“Laporan masyarakat bahwa kalau melakukan pengurusan di Polsekta Panakkukang itu simpel, tidak pakai biaya tambahan dan cepat,” kata Laode M Syarif.

Laode M Syarif mengatakan, penetapan Polsekta Panakkukang sebagai contoh pelayanan publik terbaik telah dilaporkan ke Polda Sulsel dam Polrestabes Makassar. Ia pun berharap agar pelayanan publik yang diterapkan Polsek Panakkukang, dapat ditiru di Polsek lain di Indonesia.

Laode M Syarif juga mengatakan, Polsek merupakan ujung tombak pelayanan dan penegakan hukum di Indonesia. Sebab, Polsek adalah institusi Polri yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Pelaporan masyarakat akan selalu lebih awal ditujukan ke Polsek.

Sementara Kapolsek Panakkukang Kompol Wahyudi Rahman mengatakan, pelayanan publik Polsekta Panakkukang telah mengedepankan one stop service police untuk mempermudah pengurusan masyarakat. Pelayanan publik Polsek Panakkukang sudah berjalan 1 tahun.

Penerapan pelayanan ini mulai dilakukan setelah Wahyudi Rahman melakukan studi komparatif di Jepang. Studi komparatif itu telah menguraikan pelayanan yang mudah kepada masyarakat.
Wahyudi Rahman mencontohkan, dalam pengurusan SKCK yang sebelumnya hanya terpusat pada Unit Intelkam, sekarang sudah disatukan dengan pelayanan yang lain.

“Kami memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat, dan tidak bertele-tele untuk meminimaliasir perilaku koruptif.  Apabila ada saran mau pun masukan, dapat langsung disampaikan ke Polsek Panakkukang,” kata Wahyudi Rahman.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds