Begini Cara Taufan Pawe Jadikan Parepare Sebagai Kota Santri

Walikota Parepare Taufan Pawe menyerahkan ‎dana hibah kepada sejumlah pengurus masjid se-kota Parepare.

Walikota Parepare Taufan Pawe menyerahkan ‎dana hibah kepada sejumlah pengurus masjid se-kota Parepare.

PEMERINTAH Kota Parepare tengah mengintenskan ajakan cinta Alquran melalui program cinta Alquran.

Hal itu dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam menekan angka buta aksara Alquran.

Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe mengatakan, pemkot tak hanya fokus pada pemberantasan buta aksara abjad, namun lebih pada upaya menekan jumlah buta aksara Alquran.

Salah satunya, dengan dibentuknya Majelis Anak Saleh (MAS) di sekolah-sekolah dari tingkat dasar hingga atas, yang memprioritaskan program-programnya pada pendidikan agama Islam, khususnya baca tulis Quran.

Taufan mengatakan, pihaknya telah menerapkan kebijakan wajib mampu baca Alquran pada tingkatan sekolah menengah pertama, sebagai salah satu persyaratan bagi anak usia sekolah untuk bisa melanjutkan pendidikannya.

Dukungan pemerintah, kata dia, tak sebatas itu. Bagi pelajar yang fasih baca Alquran, akan diberi bantuan beasiswa. Pemkot akan menyediakan beasiswa bagi 22 pelajar yang fasih baca Alquran.

“Guru mengaji tempat pelajar mengikuti pelatihan baca Alquran, oleh pemkot juga akan diumrohkan. Jadi, Baik anak (pelajar) maupun guru mengajinya, mendapat apresiasi dari pemerintah. Itu untuk memotivasi mereka,”terang dia.

Ditempat lain, Pembina Majelis Anak Saleh (MAS) Parepare, Erna Rasyid Taufan mengatakan, melalui berbagai kegiatan keagamaan, diharapkan tertanam kepedulian terhadap Alquran hingga memasyarakat khususnya bagi umat Islam.

Erna yang juga Ketua Forum Kajian Cinta Alquran Parepare, menjelaskan upaya itu sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah yang tengah gencar mengembangkan program pendidikan karakter.

“Agar misi pemerintah menjadikan Parepare sebagai kota santri dan ulama dapat terwujud melalui generasi cinta Alquran yang terus kita bina,” tutup Ketua tim penggerak PKK ini.

(sps/pemkotpare/pojoksulsel)



loading...

Feeds