Kuba Berduka! Fidel Castro Sang Pemimpin Revolusi dari Masa ke Masa

Fidel Castro. Foto via Daily Mail

Fidel Castro. Foto via Daily Mail

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Warga Kuba kehilangan sosok besar. Fidel Castro, yang dianggap sebagai bapak revolusi komunis Amerika Latin ini meninggal di usianya yang ke-90.

Fidel Castro atau yang bernama lengkap Fidel Alejandro Castro Ruz merupakan pemimpin revolusi Kuba. Ia berhasil menggulingkan pemerintahan otoriter Batista yang didukung Amerika Serikat pada 1959.

Ia juga dikenal sebagai kawan seperjuangan tokoh revolusioner Kuba asal Argentina, Ernesto Guevara atau yang dikenal Che Guevara.

Fidel dan Che Guevara memulai perjuangan gerilya dengan ideologi komunis untuk membebaskan Kuba dari pemerintahan otoriter Batista pada 1956. Hasilnya, mereka meraih kemenangan tiga tahun setelahnya.

Pasca kemenangan tersebut, Fidel pun diangkat menjadi perdana menteri.

Pada 1962, Fidel hampir memicu perang dunia ke-3 setelah mengizinkan Uni Soviet menempatkan senjata nuklir di wilayahnya.

Pada 2008, menjadi akhir perjalanannya di pemerintahan. Lima hari sebelum mandatnya berakhir, Castro mengumumkan dirinya tidak akan mencalonkan diri maupun menerima masa bakti baru sebagai presiden atau komandan angkatan bersenjata Kuba. Jabatannya digantikan oleh adiknya, Raul Castro.

Di bawah Fidel, Kuba menjadi negara yang berhasil membangun ekonomi dan stabilitas politiknya meski di bawah embargo ekonomi Amerika Serikat.

Tidak hanya itu, Kuba juga menjadi negara yang sangat peduli pada kesehatan dan pendidikan masyarakatnya. Bahkan menjadi negara paling responsif mengirim tenaga medis terbaik ke negara-negara konflik dan bencana.

Di era Raul Castro dan Obama, diketahui hubungan diplomasi kedua negara mulai membaik.

(rmol/zul/pojoksatu/pojoksulsel)



loading...

Feeds