Telat Buka AKF Championship, Ini Jawaban Panglima TNI

Karateka kontingen Malaysia duduk menunggu pembukaan AKF Championship, Kamis (24/11/2016). Pembukaan molor beberaa jam dari yang dijadwalkan. | POJOKSULSEL - ISLAMUDDIN DINI

Karateka kontingen Malaysia duduk menunggu pembukaan AKF Championship, Kamis (24/11/2016). Pembukaan molor beberaa jam dari yang dijadwalkan. | POJOKSULSEL - ISLAMUDDIN DINI

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Pembukaan kejuaraan Asian Karate-do Federation (AKF) Champiomship di Celebes Converention Centre (CCC), Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) Kamis (24/11/2016), molor hingga 3 jam.

Pembukaan kejuaraan karate se-Asia itu telat dibuka, sehingga sejumlah peserta memilih kembali ke hotel untuk beristirahat karena harus bertandingan keesokan harinya.

Pembukaan yang molor dikarenakan Panglima TNI Gatot Nurmantyo selaku ketua Federasi Olahraga Karate Indonesia (PB FORKI) yang dijadwalkan membuka acara tersebut terlambat. Bukan hanya panglima, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo juga terlambat.

Upacara pembukaan yang molor membuat sejumlah karateka memilih meninggalkan lokasi pembukaan Kejuaraan Asian Karate-do Federation (AKF) Championship. Dan Presiden AKF beserta jajarannya dipaksa menunggu berjam-jam.

Pembukaan kejuaraan yang akan diikuti 29 negara Asia ini awalnya direncanakan pukul 17.00 Wita, di gedung Celebes Converention Centre (CCC) Makassar. Namun, Panglima TNI Gatot Nurmantyo meminta agar ditunda hingga pukul 19.00 Wita.

Sayangnya, Sang Jenderal dan Gubernur Sulsel tak juga tiba di lokasi pembukaan sesuai jadwal. Sementara, kontingen peserta dari 29 negara sudah berada di lokasi pembukaan sejak pukul 17.00 wita.

Pada pukul 21.00 Wita, panpel mendapat kabar jika Panglima TNI dan Gubernur Sulsel sudah dalam perjalanan menuju CCC. Upaccra pembukaan pun segera dimulai.

Devile masing-masing negara memasuki arena pembukaan. Di sini sangat jelas, sebagian besar kontingen negara peserta sudah tidak terlihat. Yang ada hanya pembawa papan nama negara dengan mengenakan pakaian paskibraka.

AKF Championship, AKF Championship di makassar, pembukaan AKF Championship makassar, pembukaan AKF Championship molor, panglima tni buka AKF Championship, panglima tni, panglima tni gatot nurmayanto

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo selaku ketua Federasi Olahraga Karate Indonesia (PB FORKI) membawakan sambutan sebelum pembukaan AKF Championship, Kamis (24/11/2016). | POJOKSULSEL – ISLAMUDDON DINI

Panglima TNI Gatot Nurmantyo meminta maaf saat memberikan sambutan sebelum membuka kejuaraan AKF Championship. “Secara pribadi saya minta maaf karena acara ini harus diulur,” kata Gatot.

Ia menjelaskan, dirinya dan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo mengikuti pertemun yang tak kalah pentingnya dengan pembukaan ini. “Saya dan Pak Gubernur ada kegiatan sejak jam 4, dan jam 5 baru bisa datang kesini,” kata Gatot.

“Kita sama sama gubernur, saya tunggu Gubernur yang rapat di Departemen Dalam Negeri,” ujar Gatoto.

Namun demikian, ia engan membocorkan perihal pertemuan yang dilakukan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. “Yang rapat kan gubernur, saya tunggu beliau. Saya tidak tau pertemuan apa, tanya Beliau,” kata Gatot.

Setelah membuka secara resmi kejuaraan AKF Championship ini, Gatot akan langsung meninggalkan Makassar. “Saya juga minta maaf, tidak bisa tinggal di sini. Setelah ini saya harus ke bandara dan terbang ke Bali,” katanya.

(islamuddin dini/pojoksulsel)



loading...

Feeds