Persiapan IKA Komunikasi Unhas, Alumni Bentuk Tim Formatur

Alumni Komunikasi Unhas foto bersama usai rapat persiapan pembentukan IKA Komunikasi Unhas di Koffiehuis Makassar, Kamis (24/11/2016).

Alumni Komunikasi Unhas foto bersama usai rapat persiapan pembentukan IKA Komunikasi Unhas di Koffiehuis Makassar, Kamis (24/11/2016).

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Alumni Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Hasanuddin (Unhas) menetapkan tim formatur pembentuka Ikatan Alumni (IKA) Komunikasi Unhas usai rapat yang digelar di Koffiehuis Makassar, Kamis (24/11/2016).

Tim formatur pembentukan IKA Komunikasi Unhas terdiri dari 9 orang dari berbagai angkatan alumni Komunikasi Unhas. Anggota tim formatur pembentukan IKA Fisip Unhas, masing-masing Sahman AT (koordinator), Idris Muhammad (sekretaris), Anwar Wahab, Am Ramlan Sulkarnain, Arqan Azikin, Darmawangsa, Muannas, Idchan Pasinringi, dan Fauziah Astrid.

Idris Muhammad mengatakan, tugas tim formatur selanjutnya adalah mempersiapkan Mubes IKA Komunikasi Unhas, menyusun struktur kepengurusan, musyawarah kerja, dan AD/ART IKA Komunikasi Unhas.

“IKA Komunikasi Unhas harus merujuk pada aturan Dikti dan IKA Unhas,” kata Idris Muhammad.

Sebagaimana diberitakan, alumni Komunikasi Unhas menggelar rapat persiapan pembentukan IKA Unhas yang menghadirkan alumni dari berbagai angkatan.

Di antara yang hadir, Ketua Departemen Komunikasi Unhas Dr Iqbal Sultan, Kepala UPT KKN Unhas Dr Hasrullah, Direktur Aset Unhas Muh Akbar, Zulkarnain Hamson, AM Ramlan, Sahman AT, Amiruddin, Mulyadi Mau, Pay, Joni, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulsel Alem febri Sonni, dan Pjs Kepala Dinas Sosial Makassar Muchtar Tahir.

Berdasarkan aturan yang ada saat ini, pembentukan organisasi alumni menjadi kebutuhan mendorong akreditasi universitas. Sahman AT mengatakan, berdasarkan AD/ART ikatan alumni, maka mau tidak mau harus menjadi organisasi ikatan alumni. “Tidak ada pilihan lain selain menjadi ikatan alumni,” kata Sahman AT.

Diberitakan sebelumnya, sebelum gagasan pembentukan IKA Komunikasi Unhas, sudah ada organisasi yang menghimpun alumni Komunikasi Unhas sejak 1999 yang bernama Keluarga Komunikasi Unhas (KKU). Ketua Umum KKU Unhas Suhardi Duka, mantan bupati Mamuju.

Di beberapa daerah, KKU sudah dibentuk. “Mau diteruskan dari KKU (Keluarga Komunikasi Unhas) atau menjadi Ikatan Alumni Komunikasi silakan,” kata Muchtar Tahir.

Hanya saja, dalam rapat persiapan IKA Komunikasi Unhas diputuskan untuk membentuk organisasi IKA Komunikasi Unhas yang merujuk pada aturan dan UU Perguruan Tinggi tanpa melebur KKU yang sudah ada saat ini.

“Tidak ada masalah. KKU jalan, IKA jalan. Sama -ama besar saya kira akan lebih baik,” kata Muh Akbar.

Zulkarnain Hamson mengatakan, nantinya KKU dan IKA Komunikasi Unhas akan punya tugas dan pembagian kerja yang berbeda. “Salah satu tugas utama IKA Komunikasi Unhas adalah pendataan alumni,” kata Zulkarnain Hamson.

Dalam pertemuan itu, sempat mengemuka peleburan KKU atau perubahan nama menjadi IKA Komunikasi Unhas. Selain pertimbangan history, juga dengan keberadaan KKU yang saat ini sudah berjalan. Tapi kemudian, peserta rapat memutuskan pembentukan organisasi terpisah.

Hasrullah berharap, organisasi alumni nantinya lebih bekerja secara nyata membantu pengembangan keilmuan di universitas. Termasuk membantu peningkatan akreditasi Departemen Komunikasi dan tentunya Unhas.

(pas/pojoksulsel)



loading...

Feeds