Lagi, Resmob Polda Sulsel Bekuk Begal Sindikat Maros

Irfan dan Akbar, begal sindikat Maros, saat menjalani perawatan di RS Bhayangkara usai ditembak Tim Sikat Lipu Resmob Polda Sulsel, Selasa (22/11/2016) dini hari tadi. | DOK. POJOKSULSEL

Irfan dan Akbar, begal sindikat Maros, saat menjalani perawatan di RS Bhayangkara usai ditembak Tim Sikat Lipu Resmob Polda Sulsel, Selasa (22/11/2016) dini hari tadi. | DOK. POJOKSULSEL

POJOKSULSEL.com,  MAKASSAR – Tim Operasi Sikat Lipu Polda Sulsel 2016 kembali mengamankan 1 pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) atau begal berinisial SW alias F (18). Pelaku ditangkap di Bulu-Bulu, Kecamatam Mandai Kabupaten Maros, Kamis (24/11/2016) kemarin.

Pelaku ini telah beraksi sebanyak 2 kali dilaporkan ke Subsek Marusu Kabupaten Maros, yakni pada bulan Agustus dan bulan September lalu, atas kasus begal. SW diketahui merupakan sindikat begal Maros yang kerap beraksi di wilayah Maros dan Makassar.

Kanit Resmob Ditreskrimum Polda Sulsel, AKP Moch Yunus Saputra mengatakan penangkapan SW berawal dari pengembangan kasus lainnya yang pelakunya telah ditangkap lebih awal.

“Tersangka ini diamankan setelah sebelumnya dilakukan interogasi kepada rekannya yang lebih dulu ditangkap,” kata Yunus Saputra, Jumat (25/11/2016)

Kemudian, pelaku diserahkan ke Polsek Lau Polres Maros untuk diproses hukum lebih lanjut.

Hingga hari ke-14 pelaksanaan Operasi Sikat Lipu 2016, Polda Sulsel berhasil menangkap 22 pelaku kejahatan pencurian motor (curanmor), pencurian dengan kekerasan (curas), dan pencurian dengan pemberatan (Curat) atau 3 C. 22 pelaku itu terdiri dari 26 kasus dengan 72 tempat kejadian perkara.

Pada Operasi Sikat Lipu 2016, Polda Sulsel mempunyai 4 kasus Target Operasi (TO). 4 TO telah diselesaikan pada hari pertama pelaksanaan Operasi Sikat Lipu, pada tanggal 10 November lalu.

Kasubdit V Ditreskrimum Polda Sulsel, Kompol Agung Kanigoro mengatakan, para pelaku yang terjaring dalam Operasi Sikat Lipu 2016 pada umumnya adalah pemain lama. Para pelaku juga rata-rata memiliki di atas 5 Laporan Polisi (LP).

Agung Kanigoro menyebutkan, para pelaku yang tertangkap didominasi dari umur 20 tahun sampai umur 48 tahun. Kendati demikian, ada beberapa pelaku yang masih di bawah umur.

Operasi Sikat Lipu 2016 ini berlangsung sampai tanggal 30 November 2016.

Sebelumnya, Operasi Sikat Lipu 2016 juga meringkus 2 pelaku begal sindikat Maros yang kerap beraksi di wilayah Maros dan Makassar. Keduanya ditembak polisi karena berusaha melarikan diri saat pengembangan.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds