Pemkab Soppeng Disarankan Kepung Kota dengan Reservoir

Nurmal Idrus

Nurmal Idrus

PEMKAB Soppeng disarankan untuk membantu PDAM daerah ini dalam mengatasi problem ketersediaan air khususnya di Kota Watansoppeng.

Bantuan dilakukan dengan membangun lebih banyak reservoir air di seputaran kota.

“Problem terbesar kita ada didistribusi selain air baku yang minim. Saya menyarankan pemkab berinvestasi dengan membangun reservoir berkapasitas besar hingga sedang di beberapa sudut kota. Reservoir itu kemudian diserahkan pengelolaannya kepada PDAM dan menjadi penyertaan modal pemkab ke PDAM,” kata Nurmal Idrus, anggota Badan Pengawas PDAM Makassar yang juga konsultan di Pemkab Soppeng, Kamis (24/11/2016).

Keberadaan reservoir akan meringankan kerja pompa PDAM pada instalasi pengolahan hingga lebih mudah didistribusikan ke pelanggan.

“Pompa terlalu jauh dari pipa distribusi dan dinas. Akibatnya air sulit sampai ke pelanggan. Sebaiknya, tugas pompa di IPA hanya mendorong air ke reservoir. Dari reservoir pompa lebih kecil yang mendorong air ke pelanggan,” kata pemegang sertifikasi manajemen air minum tingkat madya ini.

Pemkab memegang posisi kunci dalam hal ini karena PDAM tak punya duit untuk membangunnya.

“PDAM tentu tak mampu membangunnya. Pemkab harus mengintervensi karena air adalah tanggungjawab pemerintah. Tapi uang itu tak hilang karena menjadi penyertaan modal tambahan,” katanya.

Nurmal juga menyarankan PDAM Soppeng melakukan efisiensi ekstrem dengan memangkas seluruh biaya tak perlu.

“Untuk untung, anda perlu memangkas banyak keperluan, menekan tingkat kehilangan air dan mendorong efektivitas penagihan,” tukas putra kelahiran Timusu ini. (rilis/pojoksulsel)



loading...

Feeds