Orang Indonesia Ini Masuk 100 Tokoh Wanita Berpengaruh di Dunia

Kartika Jahja.

Kartika Jahja.

MEDIA asal Inggris, BBC baru saja merilis daftar nama 100 tokoh wanita paling berpengaruh dan inspiratif selama 2016. Di antara daftar tersebut, terdapat salah satu nama asal Indonesia yakni musisi, Kartika Jahja.

Seperti dilansir laman BBC, pemilihan Kartika Jahja tentu dengan alasan kuat. BBC menilai wanita kelahiran 19 Desember 1980 ini merupakan pejuang yang gencar menyuarakan kesetaraan gender lewat lagu-lagu ciptaannya.

BBC bahkan memasang kutipan di laman profil Kartika Jahja yang menyebut ketidaksetaraan dapat diibaratkan seperti polusi.

“Ketidaksetaraan itu seperti polusi. Kita tidak sadar telah menghirupnya setiap hari, tetapi itu memasuki tubuh kita,” tulisnya.

Tika, sapaan Kartika Jahja, memang aktif menyuarakan kesetaraan gender di Indonesia.
Dia juga bergabung dengan gerakan global anti kekerasan terhadap perempuan, One Billion Rising sejak 2013 silam. Dalam wadah itu dia bersama aktivis dan seniman lainnya mengampanyekan kesetaraan gender.

Kartika Jahja juga terkenal lewat band Tika & The Dissidents. Band tersebut telah merilis album The Headless Songstress pada 2009 dan album Merah pada 2016. Selain sebagai musisi, Tika juga merupakan seorang penulis, pemeran, dan wiraswastawati.

Dalam daftar nama 100 tokoh wanita paling berpengaruh dan inspiratif 2016, Kartika disejajarkan dengan nama Alicia Keys, Denies Ho, Heloisse Letissier, dan Iskra Lawrence.

Tokoh wanita paling berpengaruh dan inspiratif versi BBC tidak hanya dari kalangan selebritis. Tapi juga dipilih dari kalangan politikus, aktivis, komedian, siswa, hingga dokter.

(ded/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds