Alumni Gelar Pertemuan, Gagas Pembentukan IKA Komunikasi Unhas

Ilustrasi - Foto bersama alumni Komunikasi Unhas di acara Reuni Komunikasi Unhas 2016 di Kampus Unhas, beberapa waktu lalu. | DOK. FOKUS 96

Ilustrasi - Foto bersama alumni Komunikasi Unhas di acara Reuni Komunikasi Unhas 2016 di Kampus Unhas, beberapa waktu lalu. | DOK. FOKUS 96

ALUMNI Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Hasanuddin (Unhas) menggagas pertemuan guna membuat wadah Ikatan Alumni (IKA) Komunikasi Unhas.

Pertemuan para alumni Komunikasi Unhas dari berbagai latar belakang profesi itu akan digelar di Koffiehuis Makassar, Kompleks Sentra Bazar (Pasar Segar), Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (24/11/2016) malam.

Zulkarnain Hamson, alumni Komunikasi Unhas, yang menjadi salah satu inisiator pembentukan IKA Komunikasi Unhas, mengatakan, keberadaan ikatan alumni sudah menjadi kebutuhan saat ini.

Zulkarnain Hamson mengatakan, ikatan alumni memiliki peranan penting yang berdasarkan aturan perguruan tinggi menopang jurusan dan universitas. Salah satunya adalah menambah penilaian akreditasi.

“Ikatan alumni yang berperan aktif dengan prestasi alumni menjadi poin atau nilai tersendiri menopang akreditasi jurusan (departemen),” kata Zulkarnain Hamzon.

Selain itu, peran ikatan alumni, khususnya IKA Komunikasi Unhas nantinya akan mendukung pengembangan keilmuan secara praktis yang ada di Departemen Ilmu Komunikasi Unhas.

Diketahui, sebelumnya alumni Komunikasi Unhas sudah memiliki organisasi alumni dengan nama Keluarga Komunikasi Unhas (KKU) yang terbentuk pada 2009. Ketua KKU Pusat Suhardi Duka, yang merupakan mantan bupati Mamuju. Namun, organisasi belum dalam bentuk ikatan alumni sebagaimana diatur dalam UU Pergurun Tinggi.

“Tergantunglah nanti, apakah namanya IKA Komunikasi Unhas itu KKU seperti yang ada sekarang, begitupun dengan pengurusnya, tidak masalah. Intinya, IKA Komunikasi Unhas ini memiliki AD/ART dan perangkat organisasi yang diatur sebagaimana yang ada dalam aturan saat ini,” kata Zulkarnain Hamson.

komunikasi unhas, departemen kounikasi unhas, ika komunikasi unhas, pembentukan ika komunikasi unhas, ikatan alumni komunikasi unhas, alumni komunikasi unhas, pertemuan ika komunikasi unhas

Ilustrasi – Alumni Komunikasi Unhas foto bersama dengan Kepala Departemen Ilmu Komunikasi Unhas Dr Iqbal Sultan (duduk) di acara Reuni Komunikasi Unhas 2016 di Kampus Unhas, beberapa waktu lalu. | DOK. FOKUS 96

Gagasan mengenai pembentukan IKA Komunikasi Unhas ini mengemuka dalam obrolan grup WhatsApp Komunikasi Lintas Angkatan yang merupakan para alumni Komunikasi Unhas.

Dari perbincangan di grup media sosial tersebut, digagaslah pertemuan yang direncanakan hari ini, Kamis (setelah Salat Magrib), di Koffiehuis Makassar.

Amir, alumni Komunikasi Unhas, yang akrab disapa Amir Gonrong, mengatakan, perkiraan yang hadir dalam pertemuan awal rencana pembentukan IKA Komunikasi Unhas sekitar 50 orang dari berbagai angkatan.

Diperkirakan hadir, di antaranya Dekan FISIP Unhas Prof Dr Andi Alimuddin Unde, Ketua Departemen Komunikasi Unhas Dr Iqbal Sultan, Kepala UPT KKN Unhas Dr Hasrullah, Direktur Aset Unhas Dr Muh Akbar, Wakil Walikota Makassar Syamsu Rizal MI. Tidak hanya alumni, pengurus Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Kosmik) Unhas juga akan hadir.

Citizen Reporter:

Alumni Komunikasi Unhas



loading...

Feeds