MA Hukum Sekda Toraja Utara 3 Tahun Penjara

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Majelis hakim Mahkamah Agung (MA) menjatuhkan hukuman 3 tahun penjara kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Toraja Utara (Torut) EK Lewaran Rantela’bi. Selain hukuman 3 tahun penjara, MA juga menjatuhkan denda Rp100 juta subsidair 4 bulan penjara.

Putusan MA tersebut tertuang dengan Nomor 392 K/Pid.Sus/2016 tertanggal 3 Oktober 2016. Majelis hakim terdiri dari Trisna Harahap hakim ketua, masing-masing hakim anggota adalah Artidjo Alkotsar, Syamsul Rakan Chaniago.

Lewaran Rantela’bi terseret sebagai terdakwa dalam kasus korupsi dana ganti rugi pembebasan lahan untuk pengadaan tanah untuk pembangunan RSUD Toraja Utara, dengan total anggaran Rp3,4 miliar lebih pada tahun 2012.

Lewaran dinilai terbukti melakukan tindakan dan merugikan keuangan negara sebesar Rp101 juta. Modus pada perkara ini adalah terjadi pemotongan dana ganti rugi bagi penerima.

Diketahui, sebelumnya Pengadilan Tipikor Makassar menjatuhkan vonis bebas bagi Lewaran Tantela’bi dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Makale yang meminta majelis hakim menjatuhkan hukuman 2,5 tahun penjara.

Majelis hakim MA juga memerintahkan penahanan terhadap Lewaran Rantela’bi. Sebelumnya, pada proses persidangan di Pengadilan Tipikor Makassar, Lewaran sempat menjalani penahanan di Lapas Klas 1 Makassar selama dua bulan lebih.

Terkait dengan putusan tersebut, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri (Kacabjari) Rantepao Abdul Rahmat mengatakan, pihaknya masih menunggu amar putusan resmi sebelum menindaklanjuti putusan MA dan memanggil Lewaran Rantela’bi.

(yakin achmad/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Lead singer Linkin Park, Chester Bennington. Foto: Mirror

Jadwal Tur Linkin Park Batal

BAND rock kondang Linkin Park terpaksa membatalkan sejumlah jadwal manggung dalam tur bertitel One More Light. Keputusan itu sebagai imbas …