Ketua DPRD Apresiasi Pembentukan Aliansi Jurnalis Independen Bantaeng

Ketua DPRD Bantaeng sekaligus Ketua DPD PKS Bantaeng, H.Sahabuddin. | POJOKSULSEL - ANDI AWAL

Ketua DPRD Bantaeng sekaligus Ketua DPD PKS Bantaeng, H.Sahabuddin. | POJOKSULSEL - ANDI AWAL

POJOKSULSEL. com, BANTAENG – Sekumpulan jurnalis yang bertugas peliputan di Kabupaten Bantaeng, dalam waktu dekat ini akan mendeklarasikan terbentuknya Aliansi Jurnalis Independen AJI Bantaeng (AJIB) serta mengadakan musyawarah untuk mengukuhkan struktur kepengurusan periode 2016-2018.

AJIB terbentuk Februari 2016 lalu, berawal dari seringnya insan pers Bantaeng bertemu di salah satu Warkop di Butta Toa.

“Alhamdulillah, setelah kita rampungkan AD/ART serta susunan pengurus, Aliansi Jurnalis Independen Bantaeng (AJIB) terbentuk. Ini semua bermula dari intensitas pertemuan dengan insan media dan di buat ide membentuk Aliansi oleh rekan media,” ujar Asmaun Abu Syawal, kontributor Harian Amanah.

Sejumlah persiapan telah dilakukan oleh panitia menjelang agenda organisasi insan pers di Bantaeng tersebut. Kegiatan ini pun mendapat respons positif dari H.Sahabuddin, Ketua DPRD Bantaeng, dan Ketua DPRD dari PKS ini pun mengajak insan pers AJIB untuk diskusi, Sabtu (14/5/2016) sore di area Pantai Seruni Bantaeng.

“Terbentuknya AJIB merupakan langkah positif untuk menyatukan insan media Bantaeng agar tetap dalam koridor UU Pers” ungkap Sahabuddin dalam diskusinya.

Sahabuddin yang juga merupakan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bantaeng ini berharap AJIB dapat berperan menghimpun seluruh wartawan dalam sebuah lintas kekuatan profesi baik dalam rangka pemberitaan maupun konsolidasi dalam masyarakat.

” Pers jangan dianggap remeh karena pers memiliki kekuatan apabila disatukan dalam satu organisasi maka akan memiliki gaung yang lebih luar biasa dalam menggairahkan partisipasi masyarakat untuk menyatakan fakta dan realitas yang terjadi ” harapnya.

Karena itu,tandas Sahabuddin,pers harus kedepankan efektifitas perannya sebagai kekuatan inti penerjemah kebijakan pemerintah, penyambung lidah masyarakat dengan pemerintah dan sebaliknya menerjemahkan kebijakan pemerintah kepada rakyat.

Menyoal kriteria kepengurusan AJIB ,Sahabuddin menegaskan bahwa yang terutama, pengurus AJIB harus memiliki kecintaan terhadap dunia pers dan memiliki idealisme serta mampu berintegrasi dengan kehidupan masyarakat tanpa ada intervensi.

“Intinya bisa menjembatani kepentingan pers dengan dunia publik sehingga informasi bisa lebih cepat terserap menjadi sumber berita akurat,” pungkas Sahabuddin.

Kepengurusan AJIB Periode pertama di Ketuai oleh Baharuddin Karibo dari harian Go Cakrawala sementara Sekretaris AJIB di isi oleh Kontributor Pojok Sulsel.com, Andi Awal Tjoheng.

(andi awal/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Pep Guardiola

Derby Manchester, Guardiola Puji MU

MANAJER Manchester City, Pep Guardiola malah memuji Manchester United jelang keduanya bentrok pada Jumat (28/4/2017) dini hari WIB nanti. Menurutnya, …