Ketua DPRD Apresiasi Pembentukan Aliansi Jurnalis Independen Bantaeng

Ketua DPRD Bantaeng sekaligus Ketua DPD PKS Bantaeng, H.Sahabuddin. | POJOKSULSEL - ANDI AWAL

Ketua DPRD Bantaeng sekaligus Ketua DPD PKS Bantaeng, H.Sahabuddin. | POJOKSULSEL - ANDI AWAL

POJOKSULSEL. com, BANTAENG – Sekumpulan jurnalis yang bertugas peliputan di Kabupaten Bantaeng, dalam waktu dekat ini akan mendeklarasikan terbentuknya Aliansi Jurnalis Independen AJI Bantaeng (AJIB) serta mengadakan musyawarah untuk mengukuhkan struktur kepengurusan periode 2016-2018.

AJIB terbentuk Februari 2016 lalu, berawal dari seringnya insan pers Bantaeng bertemu di salah satu Warkop di Butta Toa.

 

“Alhamdulillah, setelah kita rampungkan AD/ART serta susunan pengurus, Aliansi Jurnalis Independen Bantaeng (AJIB) terbentuk. Ini semua bermula dari intensitas pertemuan dengan insan media dan di buat ide membentuk Aliansi oleh rekan media,” ujar Asmaun Abu Syawal, kontributor Harian Amanah.

Sejumlah persiapan telah dilakukan oleh panitia menjelang agenda organisasi insan pers di Bantaeng tersebut. Kegiatan ini pun mendapat respons positif dari H.Sahabuddin, Ketua DPRD Bantaeng, dan Ketua DPRD dari PKS ini pun mengajak insan pers AJIB untuk diskusi, Sabtu (14/5/2016) sore di area Pantai Seruni Bantaeng.

“Terbentuknya AJIB merupakan langkah positif untuk menyatukan insan media Bantaeng agar tetap dalam koridor UU Pers” ungkap Sahabuddin dalam diskusinya.

Sahabuddin yang juga merupakan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bantaeng ini berharap AJIB dapat berperan menghimpun seluruh wartawan dalam sebuah lintas kekuatan profesi baik dalam rangka pemberitaan maupun konsolidasi dalam masyarakat.

” Pers jangan dianggap remeh karena pers memiliki kekuatan apabila disatukan dalam satu organisasi maka akan memiliki gaung yang lebih luar biasa dalam menggairahkan partisipasi masyarakat untuk menyatakan fakta dan realitas yang terjadi ” harapnya.

Karena itu,tandas Sahabuddin,pers harus kedepankan efektifitas perannya sebagai kekuatan inti penerjemah kebijakan pemerintah, penyambung lidah masyarakat dengan pemerintah dan sebaliknya menerjemahkan kebijakan pemerintah kepada rakyat.

Menyoal kriteria kepengurusan AJIB ,Sahabuddin menegaskan bahwa yang terutama, pengurus AJIB harus memiliki kecintaan terhadap dunia pers dan memiliki idealisme serta mampu berintegrasi dengan kehidupan masyarakat tanpa ada intervensi.

“Intinya bisa menjembatani kepentingan pers dengan dunia publik sehingga informasi bisa lebih cepat terserap menjadi sumber berita akurat,” pungkas Sahabuddin.

Kepengurusan AJIB Periode pertama di Ketuai oleh Baharuddin Karibo dari harian Go Cakrawala sementara Sekretaris AJIB di isi oleh Kontributor Pojok Sulsel.com, Andi Awal Tjoheng.

(andi awal/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Victor Igbonefo psm makassar

PSM Makassar Incar Victor Igbonefo

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR- PSM Makassar memulai memanaskan perburuan pemain menghadapi Liga musim 2018. Selain mencari striker berpaspor Asia, tim berjuluk Ayam …
deklarasi danny-indira

Ada Obama di Deklarasi Danny-Indira

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bahar Ngitung (Obama) yang baru saja dilantik sebagai Ketua Tim Pemenangan pasangan bakal calon Gubernur Sulsel 2018, …

Golkar Resmi Usung Ibu Menteri

POJOJSULSEL.com – Partai Golkar resmi mengusung Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa dan ‎Bupati Trenggalek Emil Dardak, dalam Pilgub Jawa …
golkar maros, golkar sulsel, musda golkar maros, calon ketua golkar maros, ketua golkar maros, kandidat ketua golkar maros

Kader Muda: Golkar Kalah dari Setnov

POJOKSULSEL.com – Inisiator Generasi Muda Partai Golkar Mirwan Bz Vauly mengatakan, hasil pleno DPP PG menunjukkan bahwa partai berlambang pohon beringin itu …