Tim Makassar Technopark Lolos ke Final Mandiri E – Cash Hackathon 2016

Mohammad Ramdhan Pomanto saat bertemu ketiga finalis perwakilan Makassar ini di Mal ratu Indah Makassar, Kamis ( 25/2/3016 ).

Mohammad Ramdhan Pomanto saat bertemu ketiga finalis perwakilan Makassar ini di Mal ratu Indah Makassar, Kamis ( 25/2/3016 ).

TIGA anak muda, yang berada di bawah naungan Rumah Software Indonesia Makassar Technopark ( RSI-MTP ), Muhammad Munir, Fordyta Abu Bakar, dan Sam Winaldi Junaib berhasil mencatatkan namanya sebagai satu – satunya wakil dari Makassar di ajang grand final Mandiri E-Cash Hackathon ( MEH ) 2016 yang akan di gelar di Jakarta, 26 – 27 Februari 2016.

Di Grand Final ini, sebanyak 80 tim berhasil terpilih sebagai finalis. Dari jumlah yang lolos ini, hanya terdapat dua tim yang berasal dari luar pulau jawa, yakni tim RSI MTP dari Makassar, dan satu tim lainnya dari Medan.

” Selamat berkompetisi, tunjukkan bahwa anak Makassar adalah anak – anak yang brilian. Sebagai walikota, saya bangga kepada kalian ” ujar Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto saat bertemu ketiga finalis perwakilan Makassar ini di Mal ratu Indah Makassar, Kamis ( 25/2/3016 ).

Danny yang di dampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kota Makassar, Muhammad Ismounandar menceritakan sejumlah program layanan publik di kota Makassar yang di dukung oleh aplikasi internet.

” Saat ini sejumlah layanan publik kita sudah di permudah dengan dukungan aplikasi internet. Layanan kesehatan, layanan kependudukan, termasuk juga hadirnya War Room yang mengendalikan seluruh CCTV kita. Kita ingin seluruh layanan publik lebih dipermudah dengan sentuhan tehnologi. Ini tantangan bagi seluruh developer aplikasi lokal di Makassar ” lanjut Danny.

Sementara itu, Muhammad Munir, salah satu anggota Tim RSI MTP menjelaskan aplikasi Prodeals yang diciptakannya bersama dua rekannya.

” Pada dasarnya, Prodeals kita ciptakan untuk membantu para usaha kecil menengah ( UKM ) dengan cara revolusioner, yakni promosi produk menjadi viral di sosmed. Kita amati selama ini produk ukm kita di lokal maupun nasional sudah bagus, hanya saja belum dapat bersaing dengan produk luar negeri ” ujar Munir yang saat ini masih terdaftar sebagai Mahasiswa di kota Makassar.

Menurut Munir, aplikasi ciptaannya ini sebagai bentuk kepeduliannya terhadap pemberdayaan UKM sekaligus membantu para UKM dalam menghadapi persaingan di era MEA.

Di tempat yang sama, Kadis Kominfo Makassar, Muhammad Ismounandar menjelaskan keberadaan RSI MTP yang selama ini di gunakan sejumlah penggiat IT untuk bertukar informasi, sekaligus membangun aplikasi internet.

” Rumah Software Indonesia Makassar Technopark memang belum lama kita dirikan. Tapi alhamdulillah, sudah ada beberapa karya anak – anak kita yang sukses bersaing di tingkat nasional ” ujar Ismounandar.

Mandiri e-cash Hackathon adalah program kompetisi yang disponsori oleh Bank Mandiri (dengan produk mandiri e-cash) dan IBM Bluemix dan dikelola oleh TechInAsia. Para developer ditantang untuk berinovasi baik secara teknis dan bisnis untuk bisa memanfaatkan mandiri e-cash API menjadi sebuah produk digital yang siap pakai.

Di ajang yang bertaraf nasional ini, panitia penyiapkan total hadiah sebesar 90 juta rupiah.

Citizen Report: Muhammad Hamzah Bakrie, Kepala Seksi Informasi dan Pelayanan Masyarakat Dinas Kominfo Kota Makassar



loading...

Feeds