Lintasi Sulawesi 3 Menit, Inilah 10 Keistimewaan Gerhana Matahari Total 2016

Gerhana Matahari

Gerhana Matahari

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Gerhana matahari total 2016 pada 9 Maret cukup istimewa. Selain hanya terlihat di dataran Indonesia, gerhana matahari total ini merupakan yang pertama kali terjadi di abad 21 dan milenium ke-3. Salah satu keistimewaannya adalah melintasi Pulau Sulawesi selama kurang lebih 3 menit.

Selain itu, gerhana matahari total 2016 ini juga dapat disaksikan di banyak wilayah di Indonesia. Sebab, gerhana matahari total 2016 akan melintasi 11 provinsi, 18 kota, 3 pulau besar dan dan 4 pulau sedang.

“Kejadian ini sangat istimewa karena wilayah daratan yang dilalui gerhana matahari total hanya Indonesia. Kejadian yang jarang terjadi ini akan melintasi 11 wilayah provinsi di Indonesia,” ujar Kepala Biro Humas BMKG, Wahju Adji, Selasa (23/2).

BACA JUGA:

DOR! Pencuri Motor di Asrama Mahasiswa Bone, Makassar Ditembak

Mau Online tanpa Batas? Ini 10 Trik Hemat Kuota Internet

Berikut 10 keistimewaan gerhana matahari total 2016 pada 9 Maret mendatang.

1. Hanya terlihat di Indonesia

Gerhana matahari total 2016 pada 9 Maret hanya bisa disaksikan secara utuh di Indonesia. Tidak ada daratan di negara lain yang akan dilalui gerhana matahari total 2016 ini selain Indonesia. Praktis seluruh wisatawan mancanegara yang ingin menyaksikan gerhana matahari total 2016 akan berbondong-bondong ke Indonesia.

2. Lintasi 11 provinsi

Gerhana matahari total 2016 pada 9 Maret nanti akan melintasi 11 provinsi, yakni Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

3. Terlihat utuh di 18 kota besar

Gerhana matahari total 2016 pada 9 Maret akan terlihat utuh di 18 kota, yakni Palembang, Penarik, Koba, Tanjung Pandan, Kendawangan, Pembuang, Sampit, Palangkaraya, Amuntai, Tanah Grogot, Balikpapan, Palu, Poso, Ampana, Luwuk, Ternate, Jailolo dan Maba.



loading...

Feeds

Bakal Caleg PSI Diuji Tim Independen

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuktikan diri sebagai partai bermananajemen moderen. Untuk rekruitmen bakal calon anggota legislatif saja, …