48 Tahun KSP BERKAT Bulukumba Layani Masyarakat

Ketua KSP BERKAT Bulukumba, Ir. H Andi Makkasau Karaeng Lompo

Ketua KSP BERKAT Bulukumba, Ir. H Andi Makkasau Karaeng Lompo

POJOKSULSEL.com, BULUKUMBA – Koperasi Simpan Pinjam (KSP) BERKAT yang berkantor pusat di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan kini berusia 48 Tahun.

KSP BERKAT yang didirikan menjadi Koperasi Simpan Pinjam sejak tanggal 25 Februari 1967 oleh H Arifuddin (alm), diatas sebuah rumah panggung kecil milik Lambaru (alm) di perkampungan kumuh Kampung Nipa Bulukumba.

Alm H. Arifuddin yang menjadi pelopor berdirinya KSP BERKAT setelah melihat dan menyadari citra Koperasi hampir hilang, sebagai akibat dari banyaknya Koperasi Konsumsi yang pada saat itu bubar karena hanya mengharapkan jatah dari pemerintah.

Dengan modal awal pendirian KSP BERKAT pada waktu tersebut hanya Rp 5.000 (Lima Ribu Rupiah) dengan simpanan Pokok Rp50 (Lima Puluh Rupiah) dan Simpanan Wajib Rp1 (Satu Rupiah) perbulan per orang, namun dengan semangat yang besar dan bekerja bersungguh sungguh serta penuh keikhlasan menjadikan KSP BERKAT dari tahun ke tahun semakin maju.

Kini KSP BERKAT di bawah tangan dingin generasi Andi Makkasau yang akrab di sapa Karaeng Lompo telah berkembang menjadi satu koperasi yang berpusat di Bulukumba dengan jumlah cabang yang telah dibentuk 29 kantor di Ibu kota Kabupaten serta 42 Kantor Cabang Pembantu di tingkat Kecamatan dalam 26 Kabupaten/Kotamdaya se-Sulsel dan Sulawesi Barat dan tidak lama lagi akan membuka cabang baru di Sulawesi Tenggara.

“Alhamdulillah, dalam tahun buku 2015 kemarin, KSP BERKAT dalam kegiatan peningkatan Kesejahteraan anggota dan karyawan berupa paket lebaran dan THR sebesar Rp 3,5 Miliar. Pembayaran pajak KSP Berkat sebesar Rp 1,1 M,” ujar Karaeng Lompo kepada pojok sulsel.com, Kamis (25/2/2016).

Karaeng Lompo juga menambahkan tahun 2015 gaji karyawan nya mengalami kenaikan sebesar 300 ribu rupiah per orang.

“Dari semua kegiatan selama tahun buku 2015, KSP BERKAT mendapatkan SHU sebesar Rp 6,5 Miliar lebih,” ungkapnya.

KSP Berkat juga melaksanakan kegiatan undian haji bagi anggota koperasinya sebanyak 2 orang di tambah 1 karyawan, selain itu anggota juga mendapatkan undian umrah bagi yang telah lunas Simpanan Wajib dan Simpanan Pokok sebanyak 3 orang.

Undian sepeda motor dan beragam hadiah menarik lainnya juga telah di berikan dalam rangkaian RAT dan Ulang Tahun KSP BERKAT yang ke 48.

Kini dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA) KSP Berkat Bulukumba pun telah menyiapkan SDM yang handal dengan di ikutkan pelatihan berbasis IT dan bersertifikasi.

“KSP Berkat pada Tahun 2016 ini dinda, akan menerapkan sistem Online di setiap kantor Cabang maupun Cabang Pembantu agar semua transaksi dan laporan keuangan dapat langsung terpantau di Bulukumba,” ujar Karaeng Lompo.

Dalam setiap tahun, karyawan KSP BERKAT semakin meningkat dan kini Koperasi yang hanya bermodal Rp 5.000 tersebut telah mempunyai karyawan sebanyak 370 orang dengan tingkat pendidikan Sarjana serta Tamatan SMA/SMK.

“Selamat Ulang Tahun KSP BERKAT Bulukumba yang ke 48, Sukses dan semakin berkembang,” harapnya.

(andi awal/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Bakal Caleg PSI Diuji Tim Independen

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuktikan diri sebagai partai bermananajemen moderen. Untuk rekruitmen bakal calon anggota legislatif saja, …