SPDP Kasus 10 Kg Sabu‎ Parepare Sudah di Kejaksaan

Kapolres Parepare AKBP Alan Gerrit Abast memperlihatkan sabu yang diamankan di Pelabuhan Nusantara Parepare, Rabu (17/2/2016) lalu. | POJOKSULSEL - HAERUL AMRAN

Kapolres Parepare AKBP Alan Gerrit Abast memperlihatkan sabu yang diamankan di Pelabuhan Nusantara Parepare, Rabu (17/2/2016) lalu. | POJOKSULSEL - HAERUL AMRAN

POJOKSULSEL.com, PAREPARE – Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kasus 10 kilogram sabu-sabu telah diserahkan ke Kejaksaan Negeri Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hal itu disampaikan oleh Kapolres Parepare AKBP Alan Gerrit Abast‎, Rabu (24/2/2016). Menurutnya, ada tiga orang tersangka dalam perkara itu, masing-masing Makmur, Nusu alias Yusuf, dan Hartono.

“Sudah kita kirim. Ketiga tersangka dijerat pasal berlapis 113, 132, 115, 114 dan 135 Undang-undang Narkotika Nomor 35 tahun 2009,” terang Alan G Abast.

Dia menjelaskan, ketiga tersangka mengakui pemesan sabu 10 kilogram itu adalah warga Kadidi, Sidrap, bernama La Nonding.

“Jadi, La Nonding ini buron oleh pihak Polda Sulsel. Dia melarikan diri sejak kasus itu terekspose,” jelas Alan G Abast.

Mantan Kapolres Luwu Timur ini menerangkan, pengungkapan kasus besar seperti itu memang ada nilai positifnya digelar awal.

“Plus minusnya jika kasus cepat terekspose. Di sisi lain pelaku bisa lebih cepat melarikan diri atau mengantisipasi penangkapan selanjutnya,” aku dia.

Kajari Parepare Risal Nurul Fitri membenarkan pihaknya telah menerima SPDP kasus sabu terbesar yang pernah ditangani Parepare, sejak 10 tahun terakhir.

“SPDP-nya sudah kami terima, sedang kami telaah,” katanya.

Risal mengungkapkan, kejaksaan terus melakukan koordinasi dengan kepolisian agar barang bukti 10 kilogram sabu yang disita itu secepatnya dimusnahkan.

“Berbahaya kalau barang bukti disimpan terlalu lama,”ungkap Rizal Nurul Fitry.

(haerul amran/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Bakal Caleg PSI Diuji Tim Independen

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuktikan diri sebagai partai bermananajemen moderen. Untuk rekruitmen bakal calon anggota legislatif saja, …