Ibu, Waspada Penggunaan Gadget pada Anak Anda! Ini Tips Terhindar dari Kejahatan Cyber

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Dunia cyber menjadi salah satu sarana untuk anak mencari tahu segala informasi. Namun, tanpa pengawasan dari orangtua, seorang anak rentan untuk menjadi korban pelecehan.

Psikolog dari Yayasan Sejiwa, Diena Haryana menyatakan, orangtua memegang peranan penting terkait penggunaan media sosial oleh seorang anak. Ia membagi tips untuk melindungi anak di dunia cyber.

Salah satu caranya adalah orangtua menjadi teman anak di media sosial. Kemudian, mengajarkan anak supaya tidak menyampaikan username, password, dan informasi pribadi kepada sembarang orang.

Orangtua juga bisa meminta anaknya tidak merespon email dari orang yang tidak dikenal. “Tidak membuka attachment dari email yang tidak dikenal, bahkan delete saja,” kata Diena dalam diskusi ‘LGBT dan Pedofilia: Menyelamatkan Anak dari Eksploitasi Seksual’ di kawasan Kuningan, Jakarta, seperti dikutip JPNN (grup pojoksulsel).

Ia menambahkan, orangtua bisa mengingatkan anak supaya tidak mudah lakukan perkenalan dengan orang yang tidak dikenal di dunia cyber. “Berikan pemahaman kepada anak-anak ada yang perlu dicermati dalam dunia siber,” ungkap Diena.

(gil/jpnn/pojoksulsel)



loading...

Feeds