Wow… Bangun Mobil Balap SF16-H, Ferrari Libatkan Ribuan Orang

HARAPAN Ferrari untuk bisa menumbangkan dominasi Mercedes musim ini tertambat pada mobil baru mereka SF16-H. Sejumlah perubahan besar dilakukan, baik dalam sisi aerodinamika maupun mesin. Uji coba pra musim pertama di Barcelona besok adalah langkah untuk sebuah pembuktikan.

Direktur Teknis Ferrari James Allison tak bisa menutupi rasa bangganya terhadap hasil kerja tim saat peluncuran mobil baru tersebut dua hari lalu. Ferrari menyasar sejumlah area untuk memperbaiki kinerja chassis mobil baru tersebut sejak tahun lalu. Hasilnya ada delapan perubahan besar yang terjadi pada SF16-H tersebut.

’’Kami tahu Mercedes sangat kuat tahun lalu, dan lebih kuat lagi tahun sebelumnya,’’ ujar Allison dikutip Motorsport. ’’Namun kami punya orang-orang yang sangat bertalenta di Maranello,’’ katanya bangga.

Allison menyebut Ferrari telah mengerahkan ribuan orang dalam beberapa tahun terakhir untuk membangun SF16-H ini. Setiap tahapan dan detilnya dikerjakan dengan maksimal. ’’Semua dilakukan untuk mencapai kemajuan, memberikan sentuhan kompetitif yang dibutuhkan untuk membangun sebuah mobil kemenangan,’’ tandasnya.

Meski demikian Allison tak ingin berkomentar terlalu jauh sampai pada akhirnya benar-benar diturunkan pada balapan sebenarnya. ’’Tapi aku ingin katakan dengan kepercayaan absolut bahwa kecintaan, kerja keras, dan skill yang tercurahkan pada mobil ini sudah berada di atas segalanya,’’ sebutnya sampai kesulitan berkata-kata.
Allison menekankan, tim Ferrari telah berkembang pesat di banyak area semenjak dirinya pindah dari Lotus pada 2013. Menurutnya, saat itu Ferrari tidak berada pada level-nya yang benar. ’’Belum pada tingkatan tim juara,’’ sebutnya. Itu terjadi pada semua wilayah kecuali melakukan pit stop dengan sangat cepat.

Dia menjelaskan bahwa mobil 2014 tak punya power cukup, downforce lemah, kinematik pada suspensi tidak ideal. ’’Dan paket mobil kami sama sekali tidak sesuai dengan keinginan,’’ paparnya.

Baru pada tahun lalu arah pengembangan mobil baru ditemukan dan semua tim berkomitmen untuk mencurahkan semua kemampuannya pada SF16-H ini. Semua area langsung mengalami kemajuan pesat: power mesin, downforce, handling. ’’Semua harapan kami berada pada mobil ini. Kami sangat bangga dengan apa yang sudah kami kerjakan dan kami tidak sabar untuk melihat hasilnya di sirkuit balap,’’ paparnya.

(cak/jpg/pojoksulsel)



loading...

Feeds