Catat, Ini Rekomendasi Rakerda III PDIP Sulsel

PDIP

PDIP

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR — Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel telah berakhir, beberapa poin rekomendasi pun dihasilkan.

Berdasarkan kesepakatan dengan seluruh pengurus DPD hingga tingkat PAC, dihasilkan dua poin rekomendasi yang bersifat eksternal dan internal. Berikut isi rekomendasi hasil Rakerda PDIP Sulsel ke-3.

Eksternal
1. Sebagai partai ideologis PDIP Sulsel akan terus berjuang memastikan, mengarahkan, mengawal, dan mengamankan kebijakan-kebijakan politik pemerintah agar tetap berpijak pada nilai-nilai pancasila yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945 dan konstitusi UUd 1945 dengan memilih jalan Trisakti yang berdaulat dalam bidang politi, berdikari dalam bidang ekonomi, dan berkepribadian dibidang budaya.
2. PDIP Sulsel sepenuhnya mendukung hasil Rakernas I PDIP dengan memandang perlunya penjabaran dan perwujudan konsepsi Trisakti dalam pola pembangunan nasional semesta berencana sebagai haluan negara dan haluan pembangunan nasional menuju Indonesia raya yaitu masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan pancasila.
3. Sebagai partai pengusung utama pemerintah, Rakerda III merekomendasikan untuk meningkatkan peran PDIP Sulsel khususnya didalam meningkatkan komunikasi politik untuk mengamankan, mengawal, dan mendukung politik pemerintahan Jokowi-JK dan mendorong percepatan pembangunan daerah.
4. PDIP Sulsel menyadari bahwa kemajuan sebuah bangsa ditentukan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh dan berkarakter, baik individual maupun kolektif sebagai bangsa. Tentunya nanti akan ditentukan melalui pola pikir, sikap dan perilaku semua warganya.

Internal
1. Sebagai partai pelopor, PDIP Sulsel harus mampu menjadi obor bagi kehidupan rakyat dan membangun kesadaran kritis rakyat. Untuk melaksanakan tugas tersebut, partai harus mampu menciptakan kader yang militan dan progresif revolusioner dengan membangun strutur partai hingga tingkat ranting sebagai wujud konsoldasi organisasi menuju ke jalan kemenangan dengan demikian seluruh DPC diinstruksikan untuk menyelesaikan penyesuaian DPC paling lambat awal Maret 2016, pembentukan departemen, komite dan badan-badan partai tingkat Kabupaten/Kota. Menuntaskan penyempurnaan pengurus anak cabang paling lambat akhir Maret 2016 dan menuntaskan pembentukan pengurus ranting paling lambat akhir tahun 2016. Sehingga pada akhir tahun 2016 tuntas organisasi akan sepenuhnya kita capai.
2. Telah dipaparkan rencana rangkaian kegiatan HUT partai dimulai pada periode bulan Februari-Juni 2016 dengan sasaran penegasan Indonesia sebagai negara Maritim, keberpihakan pada pemberdayaan kaum Marhaen, perekonomian desa sebagai tulang punggung ekonomi nasional, serta memperkuatkesekretariatan partai.
3. Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan integritas kader dan petugas partai, maka setiap DPC diwajibkan mengadakan kaderisasi partai periode Juli-September 2016 minimal satu kali. DPD partai melaksanakan pengkaderan tingkat madya pada periode Oktober-November 2016. Seluruh kaderisasi tingkat pratama dan madya sudah harus dilaksanakan selambat-lambatnya pada periode Demseber 2016.
4. Pengorganisasian partai juga harus diikuti dengan tata kelola keuangan dan aset partai secara profesional dan transparan serta dapat dipertanggungjawabkanoleh seluruh tingkat partai.
5. Terkait pelaksanaan sinergitas 3 pilar partai, Rakerda III PDIP Sulsel merekomendasikan agar melaksanakan sinergi 3 pilar dalam 2 kali setahun dan difokuskan pada langkah strategis pemenangan Pileg dan Pilpres serta kebijakan APBD. Untuk saat ini Rakerda III juga dianggap sebagai rapat 3 pilar.
6. Berkaitan dengan pemenangan pemilu, rekrutmen saksi pemilu legislatif ditempatkan sebagai satu kesatuan dengan pemilu kepala daerah. Pelatihan saksi ditempatkan sebagai skala prioritas pemenangan dan pengawalan dokumen pemilu.
7. Untuk menghadapi Pilgub Sulsel dan Pilkada, maka seluruh pengurus anaka cabang dan DPC partai mempercayakan kepada DPD partai menyiapkankader partai terbaik untuk maju pada Pilgub 2018 dan Pilkada 2018 partai akan menyiapkan kader terbaik. Tapi partai juga tetap membangun dan menjalin komunikasi dengan partai politik lainnya di Sulsel dengan memperhatikan seluruh aspek dalam rangka memenangkan pilkada serentak 2017 dan 2018.
8. PDIP Sulsel akan berjuangan mendapatkan kekuasaan politik secara konstitusional sebagai alat untuk mewujudkan amanat UUD 1945, maka PDIP Sulsel siap menghadapi Pileg 2019 mempertahankan dan memenangkan perolehan kursi legislatif baik pada daerah. Pemilihan DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dengan target minimal 5 besar di Sulsel dan menjadi penyumbang suara dalam Pilpres 2019.

(ihwan fajar/pojoksulsel)



loading...

Feeds