Siaga Bencana di Makassar, BPBD-PMI Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana

Simulasi bencana di Jalan Urip Sumoharjo (Depan Kantor Keungan). | DOK BPBD

Simulasi bencana di Jalan Urip Sumoharjo (Depan Kantor Keungan). | DOK BPBD

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – PMI Makassar bersama Dinas Kesehatan Makassar dan Singhealt Singapura menggelar simulasi penanggulangan bencana korban massal yang dilaksanakan di Gedung Keuangan Jl. Urip Sumoharjo, Sabtu (20/2/2016).

Sebanyak 30 relawan PMI Makassar dilatih khusus oleh tim dari Singhealt untuk menangani korban massal jika sewaktu waktu terjadi peristiwa besar di Makassar, semisal terjadi nya teror bom atau aksi teroris di sebuah gedung atau perkantoran. Kegiatan ini di support oleh Dinas Kesehatan dan Singhealth.

Ketua PMI Makassar Syamsul Rizal mengatakan, kegiatan simulasi ini untuk menyatukan koordinasi lembaga kemanusiaan yang ada di Makassar. Seperti, jika terjadi sesuatu, seperti bencana, teror atau sejenis maka biasanya BPBD sebagai leading sektor di Pemkot Makassar langsung melakukan kordinasi ke PMI sebagai lembaga yang memiliki relawan.

Sesuai job masing masing, lembaga ini terjun ke lokasi. Tim relawan PMI kemudian melakukan evakuasi korban bersama tim dari Dinas Kesehatan Makassar.

“Kegiatan ini penting untuk memahami tupoksi masing masing. Harapan ke depan bisa menjadi bahan evaluasi. Dan pelibatan stakeholder yang lainnya,” ujar Deng Ical sapaan Syamsu Rizal.

Dalam simulasi turut diiukuti Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Makassar, Universitas Hasanuddin (UNHAS).

(muh asrul/pojoksulsel)



loading...

Feeds