Komisi I DPRD Sulbar Konsultasi ke KIP Pusat

Komisi I DPRD Sulbar berkonsultasi ke KIP RI di Jakarta, Rabu (10/02/2016).

Komisi I DPRD Sulbar berkonsultasi ke KIP RI di Jakarta, Rabu (10/02/2016).

PROSES rekruitmen anggota Komisi Informasi Publik (KIP) mulai berjalan. Langkah awalnya, Komisi I DPRD Sulbar berkonsultasi ke KIP RI di Jakarta, Rabu (10/02/2016).

Pertemuan berlangsung di Kantor Pusat Komisi Informasi (KI) RI, sekitar pukul 14.00 WIB. Legislator Sulbar itu diterima Sekretaris KIP RI Dr. Bambang Hardi Winata dan staf ahli KIP Agus, SH, MH.

Ketua Tim Seleksi KIP Daerah Sulawesi Barat Syamsul Samad, mengaku, ingin mengkoordinasikan tentang rekruitmen calon komisioner KIP Daerah. Rekruitmen itu rencananya akan digelar pada tanggal 18 dan 19 Februari 2016.

Sementara Bambang Hardi Winata, mengatakan, lembaga KIP berbeda dengan KPI yang memiliki struktural dan mempunyai sekretariat. “KIP berdiri sendiri dan hanya membahas materi khusus informasi publik,” kata Bambang.

Sesuai dengan UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, maka lembaga ini bersifat yudikatif. Bambang berharap DPRD mendorong sehingga KIP bisa berdiri sebagai lembaga struktural daerah. salah satu pertimbangan yang disampaikan Bambang adalah kantor. Agar sekretariat dan pola kerjanya jelas.

“Untuk pembentukan Komisi Informasi di Sulawesi Barat, komisi ini harus mencerminkan unsur keterkaitan pemerintah dan masyarakat. Bertugas menyidangkan perkara-perkara serta delik aduannya. Dalam UU Komisi Informasi cerminan unsur pemerintah tersebut telah tersirat,” tuturnya.

Representasi tersebut harus jelas, karena tugas Komisi Informasi adalah menyelesaikan sengketa perkara, memutuskan suatu perkara (setara putusan PTUN dan PN) dan mengeksekusi perkara (di pengadilan PTUN dan PN).

Di Sulbar, sudah ada 12 orang calon yang akan diseleksi oleh Komisi I. Mereka akan disaring menjadi 5 orang yang kemudian akan dilantik menjadi komisioner KIP.

(adv)



loading...

Feeds