Inilah 9 Khasiat Luar Biasa Jahe

Jahe | Foto: India Times

Jahe | Foto: India Times

POJOKSULSEL.com, NEWDELHI – Di Sulawesi Selatan (Sulsel), jahe sangat mudah didapatkan. Jahe adalah tanaman rimpang yang popular untuk dipakai juga sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rasa pedas pada jahe adalah senyawa keton bernama zingeron. Di Sulsel, bahkan ada minuman khas yang dibuat dengan bahan dasar jahe, yakni sarabba.

Jahe bukan hanya dijadikan sebagai minuman penghangat badan. Masih ada manfaat lainnya. Berikut ini beberapa manfaat jahe, seperti dilansir laman India Times:

1. Meredakan banyak jenis mual, termasuk morning sickness

Jahe telah digunakan sebagai obat terhadap mabuk laut selama bertahun-tahun karena memiliki sifat antimuntah yang kuat. Jahe bisa digunakan untuk menyembuhkan mabuk perjalanan, mual setelah kemoterapi bahkan morning sickness. Tidak seperti obat lain, jahe aman dan tidak memiliki efek samping.

Mengunyah jahe mentah, minum teh jahe atau makan permen jahe bisa menyembuhkan semua mual. Wanita hamil harus membatasi asupan jahe hanya 1-2 gram per hari.

2. Memperbaiki pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan

Jahe mengandung senyawa fenolik yang mencegah iritasi gastrointestinal, meningkatkan nafsu makan, merangsang empedu dan produksi air liur, mengurangi perut kembung dan mengatur pergerakan makanan melalui saluran pencernaan. Jahe diakui sebagai obat alami yang efektif terhadap gangguan pencernaan kronis (dispepsia).

BACA JUGA:

GEGER! Saipul Jamil dan 8 Kasus Artis “Diduga” Gay di Indonesia

Begadang Lagi Deh! Jadwal Lengkap La Liga, Sabtu 20 Februari 2016

3. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian baru menunjukkan jahe bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk diabetes juga. 41 peserta dengan diabetes tipe 2 diberi 2 gram bubuk jahe setiap hari. Para peneliti menemukan bahwa kadar gula darah peserta turun 12 persen dan spidol HbA1c mereka (indikasi kadar gula darah jangka panjang) juga turun 10 persen selama tiga bulan.

4. Meningkatkan kesehatan jantung



loading...

Feeds