Parkir Sembarangan, Dishub Parepare Berlakukan Cabut Pentil

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com, PAREPARE – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), mulai menindak tegas kendaraan yang parkir sembarangan di sepanjang Jalan Mattirotasi, Jumat (19/2/2026). Tindakan tersebut baru dilakukan setelah pengguna jalan lain mengeluh.

“Kita sedang gencar operasi penertiban parkir liar untuk menegakkan perda tentang ketertiban umum. Sebelumnya kami hanya mengingatkan saja,” kata Ramli, Kepala Bidang Perhubungan Darat, Dishub Parepare.

Operasi tersebut, kata dia, petugas langsung mencabut pentil ban kendaraan yang melanggar. Dishub dibantu oleh Satlantas Polres Parepare.

“Kita cabut pentil ban mobil yang parkir liar. Yang paling banyak itu truk,” terang dia.

Sementara oleh pihak Satlantas sendiri, katanya, dalam operasi itu juga diberlakukan tilang di tempat bagi kendaraan yang telah berulang kali mendapat peringatan.

“Karena mereka tidak mengindahkan jika diperingati, padahal sudah berulang kali kami sampaikan. Untuk memberi efek jera sopir,” kata Ramli

Salah seorang supir truk di Cappagalung, Syahar mengaku pasrah pentil mobil miliknya dicabut.

Namun dia beralasan tidak tahu jika ada perda yang mengatur soal parkir di sepanjang jalan Mattirotasi.

“‎Baru kali ini saya parkir dijalan ini, itupun saya singgah hanya untuk makan,” katanya.

Operasi serupa bakal terus digencarkan, terutama di jalan padat kendaraan untuk menghindari macet oleh para pengguna jalan.

(haerul amran/pojoksulsel)



loading...

Feeds