Kasihan… Petugas Kebersihan di Makassar Belum Terima Honor

Tampak Satgas Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sulsel membersihkan drainase dari sampah, Jumat (12/2/2016). | POJOKSULSEL - MUH ASRUL

Tampak Satgas Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sulsel membersihkan drainase dari sampah, Jumat (12/2/2016). | POJOKSULSEL - MUH ASRUL

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Honor atau tunjangan operasional petugas kebersihan di Kota Makassar periode bulan Januari-Februari 2016 belum dibayarkan. Hal ini menjadi perhatian tersendiri dari Wakil Walikota Makassar Syamsu Rizal.

Keterlambatan pembayaran honor tersebut disebabkan lambannya pencairan anggaran APBD 2016 melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Makassar. Agar kondisi ini tidak terulang lagi, Deng Ical sapaan Syamsu Rizal meminta agar Bagian Keuangan Pemkot Makassar untuk mengantisipasi dan mencairi solusi sehingga keluhan petugas kebersihan tidak terjadi pada bulan Maret mendatang.

“Bahkan, kalau perlu Pemkot Makassar termasuk unit SKPD maupun camat untuk pinjam dana saja. Karena ini menyangkut kebutuhan mereka dalam sebulan. Kita harus perhatikan mereka, kerja mereka sangat mulia,”kata Deng Ical kepada pojoksulsel.com, Jumat (19/2/2016).

Dia juga mengakui banyak menerima pengaduan lewat SMS atau WhatsApp perihal keluhan petugas kebersihan yang bertugas di sejumlah kecamatan. “Memang harus kreatif semua camat untuk meminjam dana. Karena ini persoalan menyanbung hidup mereka dan keluarganya. Dalam pekan ini saya sendiri banyak menerima keluhan,”ungkap Deng Ical.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Asset Kota Makassar Erwin Syarifuddin Haiya berjanji akan mengupayakan hal ini tidak terjadi kembali. Pihaknya akan memprioritaskan anggaran atau honor petugas sampah yang memang harus dibayarkan setiap bulannya.

“Memang ada sedikit keterlambatan pencairan anggaran. Biasanya kondisi seperti terjadi ketika pergantian tahun atau di awal tahun ini,”kata Erwin.

(muh Asrul/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Bakal Caleg PSI Diuji Tim Independen

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuktikan diri sebagai partai bermananajemen moderen. Untuk rekruitmen bakal calon anggota legislatif saja, …