Ikuti Lomba Foto, Video, Artikel Gerhana Matahari Total Indonesia

Gerhana Matahari

Gerhana Matahari

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Gerhana Matahari Total (GMT) dijadikan Menteri Pariwisata Arief Yahya  sebagai momentum untuk berpromosi. Setelah berpromosi GMT ke luar negeri, Marketeer of The Year 2013 itu mencetuskan lomba foto, video, dan karya tulis terkait fenomena gerhana matahari total di Indonesia. Kompetisi ini terbuka untuk umum.

“Foto, video dan karya tulis merupakan satu dari lima unsur pentahelix yang posisinya sangat penting dalam dunia pariwisata. Ada unsur pemerintah (goverment), industri (business), akademisi (academition), asosiasi masyarakat (community), dan media. Masing-masing adalah subjek dalam pariwisata,” kata Arief Yahya, kemarin.

Arief Yahya menilai GMT kali ini memang tergolong langka. Pertama, momentumnya pas, hanya di Indonesia yang bisa menikmati di daratan, persisnya di 12 provinsi di Tanah Air pada 9 Maret 2016.

Wilayah yang dilintasi GMT 2016 adalah Palembang, Tanjung Pandan, Palangka Raya, Bangka, Sampit, Balikpapan, Poso, Palu, Luwuk, Ternate, Mentawai, dan Maba. Kedua, peristiwa ini baru akan dilihat selama 350 tahun di lokasi yang sama. Ketiga, ada 100 event di Indonesia untuk menyambut GMT.

BACA JUGA:

Bentrok di Batas Luwu-Palopo, 1 Warga Sempat Disandera

HEBOH! TKW Cantik Goyang Sambalado Sambil Ngulek. Ini Videonya

Sementara daerah lainnya seperti Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado, dan Ambon akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian.

“Sektor pariwisata merupakan sektor yang paling mudah menyejahterakan masyarakat. Karena Gerhana matahari total peristiwa langka, kementerian selalu mengalokasikan anggaran agar momentumnya dapat diketahui masyarakat,” ujar mantan Dirut PT Telkom itu.



loading...

Feeds