Honor Petugas Sampah Telat, Kadis Kebersihan Terpaksa Pinjam Uang

Petugas kebersihan Makassar

Petugas kebersihan Makassar

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Sejumlah unit kerja lingkup Pemerintah Kota Makassar menunggak pembayaran honor atau tunjangan operasional petugas sampah.

Selain di sejumlah kecamatan, juga terjadi di Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Makassar. Untuk mengantisipasi terjadinya aksi mogok kerja yang dilakukan personel kebersihan, terpaksa Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Makassar Azis Hasan meminjam uang.

“Ya, kami terpaksa pinjam uang di luar. Kan ada ji jaminannya pasti anggaran cair kami bayar utang kami. Kami lakukan ini supaya mereka tidak mengeluhkan soal pembayaran ini,” kata Azis kepada pojoksulsel.com, Kamis (18/2/2016).

Dia hanya meminta kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah untuk memperhatikan honor petugas ampah.

Namun, dia mengaku sejauh ini pihaknya masih mengelola petugas kebersihan dengan jumlah 70 angkutan sampah, kontainer dan amrol. Dimana setiap bulan pihaknya harus membayarkan sebesar Rp14 juta hingga Rp15 juta. Selain itu, anggaran bahan bahar minyak (BBM) sampah juga harus sempat menunggak tetapi dicarikan solusinya.

Hal ini agar aktivitas bongkar muat sampah berjalan normal. “Saya sendiri langsung komunikasi ke Pak Walikota (Danny Pomanto) untuk ada solusi. Akhirnya saya pun mengawal kebijakan ini sehingga anggaran mereka cair. Kasian mereka kalau menunggak seperti itu. Seperti hal itu juga terjadi di kecamatan,” kata Azis.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Makassar Erwin S Haiyya yang dikonfirmasi mengaku jika anggaran SKPD memang belum teralisasi.

Kendalanya, setiap SKPD yang belum mengusulkan pembayaran uang panjar (UP) atau Daftar Pengisian Anggaran (DPA).

“Mudah-mudahan pekan depan sudah cair anggaran semua SKPD. Memang ada keterlambatan. Tapi, kalau anggaran petugas sampah di seluruh kecamatan kami sudah realisasikan. Setahu saya petugas ampah sudah menerima tunjangan opersionalnya,” kata Erwin.

(muh asrul/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Bakal Caleg PSI Diuji Tim Independen

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuktikan diri sebagai partai bermananajemen moderen. Untuk rekruitmen bakal calon anggota legislatif saja, …