CATAT! Jangan Merokok di 3 Kecamatan di Bulukumba Ini. Dilarang!

Staf Dinkes Bulukumba kian aktif menyosialisasikan bahaya merokok  dengan memasang spanduk di beberapa titik di kota Bulukumba, Selasa (16/2/2016). | POJOKSULSEL - ANDI AWAL

Staf Dinkes Bulukumba kian aktif menyosialisasikan bahaya merokok dengan memasang spanduk di beberapa titik di kota Bulukumba, Selasa (16/2/2016). | POJOKSULSEL - ANDI AWAL

POJOKSULSEL.com, BULUKUMBA – Catat! 3 kecamatan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) ditetapkan sebagai Kawasan Tanpa Rokok (KTR), masing-masing Bulukumpa, Bonto Bahari, dan Rilau Ale. Jika merujuk pada Peraturan Daerah (Perda) No 15 Tahun 2015 tentang kawasan bebas rokok itu, 3  kecamatan itu tak akan ditemukan rokok apalagi orang yang merokok. Bisa dicek dan dibuktikan deh!

“3 Kecamatan tersebut telah di canangkan sebagai KTR, dengan bertahap dengan menunjuk salah satu desa/kelurahan yang ingin menjadi Desa Bebas Rokok,” kata Kasubag Program Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulukumba Riswan.

Dalam rangka sosialisasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba kini gencar memasang spanduk bahaya rokok bagi kesehatan. Seperti di Simpang Empat Teko, Selasa (16/2/2016), terlihat staf Dinkes Bulukumba memasang spanduk bertuliskan “Rokok Membunuhmu”.

Riswan mengatakan, pihaknya akan terus melakukannya dengan berbagai macam cara untuk mensosialisasikan bahaya rokok seperti menempel stiker, buku, dan Perda KTR.

“Kalau sudah disosialisasikan mereka masih juga merokok, kami masih bisa toleransi. Bukan berarti dengan adanya sosialisasi para perokok berhenti, tapi setidaknya bisa mengurangi,” katanya.

Menurut Riswan, merokok ini merupakan sebuah perilaku. Yang tidak mudah dirubah, karena dalam rokok mengandung zat aktif atau zat ketagihan yang bisa memberikan sensasi kenikmatan bagi perokok tersebut.

“Misalnya kami contohkan seperti orang yang terbiasa memakan pisang setelah makan, kalau tidak makan pisang maka belum kenyang. Nah, prilaku perokok juga seperti itu, habis makan tanpa rokok mungkin kurang lengkap,” ulasnya

Selain sosialisasi melalui, stiker, buku dan yang lainnya, kata Riswan  pihaknya juga gencar lakukan sosialisasi bahaya rokok melalui  sekolah sekolah sepeti di SMA, SMK, pesantren dan SMP.

(andi awal/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Bakal Caleg PSI Diuji Tim Independen

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuktikan diri sebagai partai bermananajemen moderen. Untuk rekruitmen bakal calon anggota legislatif saja, …