POJOK WANSUS: Kaswadi Razak Siapkan RPJMD Soppeng di 100 Hari Kerja

Bupati dan Wakil Bupati Soppeng  Andi Kaswadi Razak-Supriansa (kiri). | DOK. POJOKSULSEL

Bupati dan Wakil Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak-Supriansa (kiri). | DOK. POJOKSULSEL

SETELAH tiga kali bertarung di Pilkada Soppeng, akhirnya Andi Kaswadi Razak bersama Supriansa terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Soppeng menumbangkan rivalnya Lutfi Halide-Andi Zulkarnain Soetomo.

Setelah terpilih, Kaswadi bersama Supriansa pun sudah menyiapkan program pembangunan Kabupaten Soppeng lima tahun kedepan. Berikut Wawancara Khusus (Wansus) reporter pojoksulsel.com dengan Bupati Soppeng terpilih Andi Kaswadi Razak.

Bagaimana persiapan anda menjelang pelantikan Bupati dan Wakil Bupati?

Alhamdulillah semuanya sudah disiapkan dengan baik, termasuk ini baju pelantikan sudah selesai dan besok tinggal dipakai. Prinsipnya kami sudah siap mengikuti proses pelantikan Bupati dan Wakil Bupati besok. Saya bersama Pak Supriansa berdoa agar besok pelaksanaan pelantikan bisa berjalan dengan baik dan tanpa ada gangguan.

Di pelantikan kali ini, apakah tim pemenangan Anda ikut ke Makassar mendampingi saat pelantikan nanti?

Tim pemenangan kita tidak seberapa yang kita bawa, karena memang undangan terbatas. Jadi kami Insya Allah lusa (Kamis) pagi setelah proses pelantikan kami akan kembali ke Soppeng. Untuk teman-teman yang tidak sempat hadir di Makassar, kita akan sama-sama santap siang dirumah saya. Saya akan menerima teman-teman dan siapa saja seluruh masyarakat Soppeng kami menunggu untuk santap siang bersama.

Apa yang akan anda lakukan dalam 100 hari kerja setelah dilantik?

Intinya dalam 100 hari kedepan setelah pelantikan, kami sudah memiliki rancangan percepatan-percepatan itu salah satu program yang akan kami benahi adalah penyempurnaan RPJMD. Setelah itu kita masuk dalam tahapan perubahan.

Di sinilah kita akan membutuhkan waktu proses yang panjang. Kami tidak terlalu muluk-muluk dalam 100 hari setelah pelantikan, tetapi teman-teman dan masyarakat bisa memonitor apa yang kami kerjakan. Kami akan semaksimal mungkin melakukan perbaikan pelayanan. Disamping itu infrastruktur yang selama ini menjadi hambatan bagi masyarakat tentu akan kita usaha benahi disamping Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Soppeng.

Setelah visi-misi ini dibuat dalam RPJMD, Bupati terpilih tentu harus mampu menjelaskan visi-misinya untuk pembangunan daerah yang tertuang dalam RPJMD. Kami akan coba masukan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) apa yang menjadi visi-misi kami dalam membangun Soppeng. Apalagi dalam Undang-undang (UU) memungkinan adanya pembahasan APBDP dua kali dalam setahun. Itulah yang akan kami coba dan konsultasikan seperti apa terkait APBDP dan RPJMD.

Saat menjabat nanti, Apakah ada target PAD Kabupaten Soppeng?

Saya belum tahu persis berapa Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita yang murni berapa. Intinya kita akan lihat dulu itu. Indikator-indikator perekonomian masyarakat berkembang. Sekarang saya belum paham betul berapa PAD murni kita. Karena beberapa sumber-sumber PAD yang sebenarnya kita dapatkan bukan dari kerja keras kita seperti bagi hasil pajak, bagi hasil selama ini didapat oleh Pemda bukan hasil nyata yang diterima oleh daerah. Inilah yang coba kita gerakkan kembali perekonomian yang ada di Soppeng untuk meningkatkan PAD Soppeng.

(ihwan fajar/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Bakal Caleg PSI Diuji Tim Independen

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuktikan diri sebagai partai bermananajemen moderen. Untuk rekruitmen bakal calon anggota legislatif saja, …