Waspada Virus Hepatitis B, Dinkes Parepare Periksa Darah Gratis

Petugas puskesmas di Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), menggelar pemeriksaan darah untuk mendeteksi penyebaran virus hepatitis b, Sabtu (13/2/2016). |  POJOKSULSEL - HAERUL AMRAN

Petugas puskesmas di Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), menggelar pemeriksaan darah untuk mendeteksi penyebaran virus hepatitis b, Sabtu (13/2/2016). | POJOKSULSEL - HAERUL AMRAN

POJOKSULSEL.com, PAREPARE – Skrining  atau pemeriksaan virus hepatitis‎ B dilakukan secara gratis oleh 4 puskesmas di Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (13/2/2016).

Sedikitnya 1.000 pemeriksaan yang dipersiapkan oleh pihak Dinas Kesehatan Kota Parepare. Di Parepare sendiri, program nasional tersebut memprioritaskan tenaga ‎perawat dan keluarganya.

“Itu karena petugas kesehatan lebih banyak berinteraksi dengan masyarakat. Ini sebagai tahap awal,” kata Kepala Wasor Imunisasi, Bidang P2, Dinas Kesehatan Muh Rizal, saat melakukan pengambilan sampel dara tenaga perawat di Puskesmas Lapadde, Parepare.

Selain petugas kesehatan, kata dia, pemeriksaan juga bakal dilakukan terhadap pegawai lembaga pemerintah, seperti kepolisian, lapas, dan pegawai instansi lainnya.

Muh Rizal menjelaskan, dari hasil riset‎ oleh Kementrian Kesehatan tahun 2013 lalu, kasus virus hepatitis B meningkat hingga 80 persen di Indonesia.

BACA JUGA:

POJOK FOTO: Takut Diamuk Massa, Pencuri Terjun ke Kanal Kumala. Botto’na….

Pertarungan Penguasa Kelompok Makassar Vs Mandar di Kalijodo

“‎Jumlah itu masuk kategori tinggi, dan yang paling banyak terinfeksi adalah masyarakat umum. Di Parepare belum terdeteksi, makanya kami lakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui penularan virus ini,” jelas Muh Rizal.



loading...

Feeds