Warga Lingkungan Turungan Beru Pertanyakan Inkonsisten Camat Herlang

 Arifuddin Syam, Kepala Lingkungan Turungan Beru Kelurahan Bonto Kamase Kecamatan Herlang yang terpilih namun oleh camat Herlang tidak di terbitkan SK Pengangkatannya memperlihatkan Surat Camat A.Gusti yang meminta pemilihan ulang. | POJOKSULSEL - ANDI AWAL

Arifuddin Syam, Kepala Lingkungan Turungan Beru Kelurahan Bonto Kamase Kecamatan Herlang yang terpilih namun oleh camat Herlang tidak di terbitkan SK Pengangkatannya memperlihatkan Surat Camat A.Gusti yang meminta pemilihan ulang. | POJOKSULSEL - ANDI AWAL

POJOKSULSEL.com, BULUKUMBA –Warga masyarakat lingkungan Turungan Beru Kelurahan Bonto Kamase Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba menolak permintaan Camat Herlang, Andi Gusti yang melakukan penyuratan kepada Lurah Bonto Kamase, Basse Asni agar melakukan proses ulang pengangkatan Kepala Lingkungan Turungan Beru.

Kepala Lingkungan Turungan Beru yang terpilih pada tanggal 31 Desember 2015 lalu, Arifuddin Syam bersama dengan beberapa tokoh masyarakat Turungan Beru, kepada POJOKSULSEL.com, Kamis (11/2/2016) siang , balik mempertanyakan dasar Camat Herlang melakukan penyuratan kepada lurah terkait tanggapan pengangkatan Kepala Lingkungan Tanah Beru.

“Iye, kami disini bersama warga Turungan Beru mempertanyakan perihal Camat Andi Gusti yang meminta pemilihan ulang, dari lima lingkungan kenapa hanya lingkungan Turungan Beru yang akan diulangi, ini yang kami tidak terima,” tegas Arifuddin.

“Secara tegas warga masyarakat Ling. Turungan Beru menolak permintaan Camat Herlang yang meminta Lurah agar melakukan pemilihan ulang. Jika hal ini tetap dilakukan, maka kami juga akan melakukan tindakan lain,” ujar Tajuddin, Tokoh Masyarakat Turungan Beru.

Informasi yang di himpun POJOKSULSEL.com, Lurah Bonto Kamase Herlang telah melakukan pemilihan kepala lingkungan secara musyawarah sesuai dengan Peraturan Bupati Bulukumba No.64 Tahun 2015 tentang pembentukan Lingkungan ( Pengangkatan dan pemberhentian Lingkungan pada Kelurahan ).

Dalam pemilihan tersebut, Kelurahan Bonto Kamase yang memiliki 5 lingkungan yakni Ling.Bonto Kamase, Ling.Nipisi, Ling.Turungan Beru, Ling.Kassi Kassi dan Ling. Butung , di Lingkungan Turungan Beru, bertarung Arifuddin Syam bersama A.Muh.Saleh dan Arifuddin B. Dalam musyawarah yang di ikuti oleh 25 Tomas dan utusan LPMK 2 orang serta ketiga calon, Arifuddin Syam yang merupakan petahana terpilih kembali dengan 18 Suara, sedangkan Muh.Saleh mendapat 17 suara dan Arifuddin B nol suara.

“Kenapa tiba-tiba Muh.Saleh melakukan gugatan dan menyurat ke Lurah Bonto Kamase, Basse Asni yang dalam gugatannya tersebut mempertanyakan adanya dua orang yang ikut memberikan hak suara, kami meminta Lurah dan Camat agar memperivikasi para undangan melalui daftar hadir, tunjukkan kepada kami yang dua orang tersebut yang mana?,” tantang Arifuddin Syam.

Lurah Bontokamase yang menerima gugatan dari Muh. Saleh lalu menyurat ke Camat Herlang bernomor 06/LB/I/2016 tertanggal 4 Januari 2016 yang menyampaikan bahwa Kepala Lingkungan Turungan Beru, Arifuddin Syam di usul untuk di berhentikan, maka berdasarkan surat dari Lurah tersebut, Camat Herlang A.Gusti menanggapi permintaan dari Lurahnya dan mengatakan bahwa Lingkungan Turungan Beru tidak dapat di tetapkan dengan SK. Camat.

Sementara itu, Lurah Bonto Kamase saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan opsi kepada para calon kepala lingkungan bahwasanya suara dua orang yang di anggap bukan warga Lingkungan Turungan Beru dapat dicabut dengan syarat suara kedua orang calon tadi dikurangi masing masing satu, namun Muh. Saleh menolaknya.

“Iya Pak, kami selaku pemerintah setempat dalam hal ini Lurah Bonto Kamase telah memberikan opsi yaitu suara dua orang yang di anggap bukan mewakili warga Turungan Beru dicabut, dengan masing masing calon dikurangi satu suara, namun Muh.Saleh tetap menolaknya. Jadi hal ini kami serahkan kepada pak Camat selaku Pimpinan tertinggi di Kecamatan Herlang,” ujar Basse Asni, Lurah Bontokamase Herlang kepada POJOKSULSEL.com.

(andi awal/pojoksulsel)



loading...

Feeds