DPRD Soroti RSUD Makkasau, Walikota Taufan Pawe Tekankan SOP

Walikota Parepare Taufan Pawe. DOK POJOKSULSEL

Walikota Parepare Taufan Pawe. DOK POJOKSULSEL

POJOKSULSEL.com, PAREPARE – Komisi II DPRD Kota Parepare menyoroti kinerja manajemen RSUD Tipe B Andi Makkasau Parepare, menyangkut sistem pelayanan dan penanganan di RS tersebut.

Ketua Komisi II DPRD Parepare Tasming Hamid meminta kepada pihak terkait untuk segera membenahi sistem penanganan pasien, yang selama ini menurut dia ‎kurang maksimal.

“Banyak pasien dan keluarganya yang mengeluh. Kami sayangkan kenapa sampai kinerja rumah sakit ini terlalu banyak dikeluhkan,” ucap Tasming Hamid, Rabu (10/2/2016).

Terlepas dari penanganan pasien, Magfirah, bayi malang, yang meninggal dunia akibat penyakit Hidrosepalus, Tasming menegaskan, jangan ada Magfirah selanjutnya.

“Salah-satunya mungkin karena penanganan bayi tersebut kurang maksimal. Ini terlepas dari apa yang keluarga pasien alami saat ini, namun ini bisa menjadi pembelajaran bagi pihak rumah sakit,” katanya.

Politisi Demokrat ini mengungkapkan, tindakan medis untuk masyarakat kurang mampu tidak boleh dibeda-bedakan. “Jangan karena mereka yang kurang mampu kemudian tindakan medis dilakukan hanya setengah hati, itu tidak boleh terjadi. Makanya saya katakan harus ada perubahan dari aspek pelayanan. Pemerintah daerah harus menyikapi serius ini,” ungkap Tasming Hamid.

Walikota Parepare HM Taufan Pawe mengungkapkan, terkait penanganan pasien di RSUD Makkasau memang harus melalui Standar Operasional Penanganan (SOP).

Dia pun  mengaku langsung melakukan sidak setelah mendapat informasi banyaknya keluhan menyangkut sisetem pelayanan serta tindakan medis yang dilakukan pihak rumah sakit tersebut.

“Ada SOP. Jadi, tidak serta merta dokter kemudian melakukan tindakan medis. Dokter kita juga mengeluhkan karena menjadi bulan-bulanan keluarga pasien. Padahal SDM di rumah sakit kita cukup memadai, hanya saja tindakan medis perlu memang kehatia-hatian,” ungkap Taufan Pawe.

(haerul amran/pojoksulsel)



loading...

Feeds