Anggota DPRD Parepare Ini Tuding SKPD buat Laporan Asal Bos Senang!

Pojoksulsel.com

Pojoksulsel.com

POJOKSULSEL.com, PAREPARE‎ – Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Parepare Kurtafati menilai sebagian besar kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tidak menjalankan fungsinya. Dia justru menuding, pihak SKPD membuat laporan kepimpinan eksekutif, tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

“Hampir seluruh SKPD ini hanya membuat laporan yang tidak sesuai dengan apa yang mereka kerjakan. Yah, istilahnya asal bos senang. Mereka tidak menjalankan fungsinya dengan baik,” sebut Anggota DPRD dua periode ini.

Kurtafati menjelaskan, pimpinan SKPD selaku pejabat yang dipercaya walikota untuk berkontribusi di bidang tekhnis rencana program pemerintah daerah seharusnya lebih proaktif.

“Tetapi tidak seperti itu faktanya. Kepala SKPD butuh belajar pengembangan SDM terkait teknis atau pelaksanaan program yang akan dijalankan. Mereka kan eksekutor,” jelas Kurtafati.

Kurtafati mengungkapkan, DPRD selaku fungsi pengawasan dan budgeting malah terpaksa harus mengambil alih peran SKPD dalam penyelenggaraan teknis program yang akan dikerjakan.

“Karena mereka tidak mampu. Percuma berulang kami panggil rapat, tetapi mereka tidak paham apa yang seharusnya mereka lakukan. Jika programnya berhasil, nah baru mereka seolah telah mengerjakan hal itu. Mungkin karena takut dimutasi,” ungkap Kurtafati.

Walikota Parepare HM Taufan Pawe, ‎sebelumnya menekankan kepada seluruh jajarannya untuk bekerja maksimal. Para pimpinan SKPD diharapkan dapat berinovasi dengan memanfaatkan anggaran semaksimal mungkin.

Yang paling penting, kata Taufan Pawe, adalah memberikan nilai positif di tengah masyarakat.

(haerul amran/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Bakal Caleg PSI Diuji Tim Independen

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuktikan diri sebagai partai bermananajemen moderen. Untuk rekruitmen bakal calon anggota legislatif saja, …