Imlek, Warga Keturunan Tionghoa di Bone bagi-bagi Angpao

Warga Tionghoa di Bone mulai mendatangi Vihara Dharma Palakka untuk berdoa di Tahun Baru Imlek, Senin (8/2/2016). | POJOKSULSEL - JUMARDI RAMLING

Warga Tionghoa di Bone mulai mendatangi Vihara Dharma Palakka untuk berdoa di Tahun Baru Imlek, Senin (8/2/2016). | POJOKSULSEL - JUMARDI RAMLING

POJOKSULSEL.com, BONE – Puncak perayan Hari Raya Imlek atau Tahun Baru China di Kota Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), setelah berdoa, mereka membagikan angpao kepada anak-anak, Senin (8/2/2016).

Pantauan pojoksulsel.com, perayaaan Imlek berlangsung di Wihara Dharma Palakka Jalan Salak, Kelurahan Macege, Kecamatan Taneteriattang, Kabupaten Bone, tampak orangtua membagikan angpao kepada anak-anak sebagai bentuk kasih sayang.

“Ini tradisi kita yang setiap tahunnya kita laksanakan, yaitu bagi-bagi angpao, yang merupakan perayaan istimewa dibandingkan hari-hari sebelumnya,” kata Ketua yayasan Buddha Rajassa Bone Hakim lewa.

BACA JUGA:

VIDEO: Persiapan Imlek di Vihara Dharma Palakka, Bone

POJOK FOTO: Imlek di Bone, Khidmatnya Berdoa di Vihara Dharma Palakka

Disebutkan pula bahwa tradisi ini merupakan mengulang sabda sang Buddha, Dengan demikian, maknanya agar kehidupan di masa mendatang lebih baik dan manis. Intinya, sebelum Imlek tiba atau sebelum matahari terbit, semuanya selesai dilakukan. Sebab, jika menyapu di hari Imlek, diyakini membuang rezeki yang ada.

Hakim Lewa mengatakan, sebelum perayaan Imlek, di masing-masing rumah, mereka membersihkan altar sembahyan, sediakan buah-buahan untuk hari pelaksanaan imlek.

Tampak perayaan Imlek yang khidmat dan suka cita, apalagi anak-anak mendapatkan angpao.

(jumardi ramling/pojoksulsel)



loading...

Feeds