Kesalahan Cetak Biodata Paslon Lutra Diduga Kelalaian KPU

Sidang DKPP Pilkada Luwu Utara di Mapolda Sulsel.  | POJOKSULSEL - MUH FADLY

Sidang DKPP Pilkada Luwu Utara di Mapolda Sulsel. | POJOKSULSEL - MUH FADLY

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Ketua Tim Pengawas Daerah (TPD) Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof Dr Anwar Borahima menyebutkan ada yang janggal dari jawaban Ketua KPU Luwu Utara (Lutra), Suprianto dalam sidang etik DKPP kemarin.

Anwar Borahima merasa terganggu dengan jawaban Suprianto yang menyebutkan bahwa tidak ada format seragam pembuatan alat peraga yang ditempel di TPS.

 

Anwar Borahima mengatakan, format tersebut sangat jelas dalam format DB3KWK. Di dalamnya sangat jelas mengatur semua format data diri lengkap pasangan calon.

“Kalau pun seandainya tidak ada, maka tentu KPU bisa melakukan rapat pleno untuk menentukan. Ini bicara profesioanal,” kata Anwar Borahima usai persidangan yang digelar di Polda Sulsel, Rabu (27/1/2016).

Prof Anwar juga menyebutkan, jawaban tertulis dari pihak percetakan PT Makassar Grafika telah menjelaskan bahwa soft file yang diterimanya dari KPU langsung dicetak dan digandakan.

“Tidak ada perubahan soft file sama sekali,” kata Anwar Borahima.

Dalam perkara ini, lanjut Anwar Borahima, ada dugaan unsur kelalaian dari pihak KPU Lutra yang berdampak pada kesalahan fatal.

Namun demikian, Anwar Borahima belum dapat memberikan penjelasan lebih detail terkait penjatuhan sanksi. Pasalnya, sidang kode etik DKPP masih berlangsung.

“Nanti akan diumumkan DKPP berdasarkan hasil rekomendasi kami. Itu keputusan DKPP. Biasanya dibacakan secara bersama sama demgan daerah lain,” ujar Anwar Borahima.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

video umi pipik

Video Umi Pipik Bikin Heboh

POJOKSULSEL.com – Pipik Dian Irawati atau akrab disapa Umi Pipik banyak dibicarakan setelah isu pernikahannya dengan Sunu eks Matta band. …
Sylvano Comvalius

Bali United Lepas Sylvano Comvalius

POJOKSULSEL.com – Bali United dikabarkan melepas mesin golnya, Sylvano Comvalius, musim depan. Kabar putusnya kontra pencetak gol terbanyak di Liga …
lurah jagong pangkep

Lurah Pangkep Potong Insentif RW?

POJOSKSULSEL.com, PANGKEP – Diisukan potong insentif RW oleh warganya, Lurang Jagong Kabupaten Pangkep, Restu Alamsyah, membantah tudingan yang dialamatkan padanya …